√√Pemetaan KI-KD Kelas 6 Semester 1 dan 2 KK 2013

Pemetaan Kompetensi Inti (KI) dan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) merupakan salah satu unusr yang ada di Silabus dan Standar Isi sesuai dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016.Di dalam Kurikulum 2013 sudah mencangkup 4 sikap yang perlu di tanamkan kepada peserta didik yaitu Sikap Spiritual,Sikap Sosial,Pengetahuan serta Keterampilan.

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program.

Kompetensi Inti (KI) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SD/MI pada setiap tingkat kelas. 

Pemetaan KI-KD Kelas 6 semester 1 dan 2


Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas/usia tertentu. Melalui Kompetensi Inti, sinkronisasi horisontal berbagai Kompetensi Dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai Kompetensi Dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut:

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti sikap spiritual.

2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti sikap sosial.

3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pengetahuan.

4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Kompetensi Dasar merupakan kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Di dalam kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial terkandung lima nilai utama karakter yaitu religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Proses pembelajaran dengan menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi sikap dapat diintegrasikan dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu nilai Religiusitas, Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong Dan Integritas.

Pemetaan KI-KD kelas 6 SD semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 ini kami bagikan dalam format ms.excel.Isi dari Pemetaan Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) adalah memuat tentang pelajaran,kompetensi Dasar,tema dan sub tema serta kata kunci.

Langsung saja bapak/ibu guru bisa mengunduh Pemetaan KI-KD Kelas 6 semester 1 dan 2 SD kurikulum 2013 dengan foramt ms.excel di bawah ini.

  1. Pemetaan KI-KD Kelas 6 KK 2013 Semester 1
  2. Pemetaan KI-KD Kelas 6 KK 2013 Semester 2

Demikian materi terkait dengan kelengkapan administrasi kelas 6 SD yaitu mengenai Pemetaan KI-KD.Semoga contoh format tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu referensi oleh rekan guru dalam melengkapi administrasi di kelas.

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "√√Pemetaan KI-KD Kelas 6 Semester 1 dan 2 KK 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel