Program Semester Kelas 6 SD Semester 2 Kurikulum 2013

Seorang guru dituntut untuk mengetahui tentang perencanaanpembelajaran agar dapat mempermudah suatu sistem pendidikan dan dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan perencanaan yang matang maka kegiatan pendidikan akan dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.

Program Tahunan (prota) dan program semester (promes) merupakan rancangan kegiatan yang harus disiapkan dan dilaksanakan dalam suatu lembaga pendidikan. Dengan demikian, maka kami akan membahas mengenai program program semester (promes) agar kita semua dapat memahami apa yang dimaksud dengan program semester (promes).

Promes merupakan bentuk penjabaran dari Prota yang memuat gambaran pembelajaran dan pencapaian yang ingin dituntaskan selama satu semester.Dengan perpedoman pada Promes yang telah dibuat,bapak/ibu guru akan mengetahui materi-materi yang akan dilaksanakan selama Satu Minggu,selama satu bulan dan selama satu semester.




Di dalam Program Semester(Promes) Kurikulum 2013 memuat terdiri dari beberapa kolom yang memuat Tema,Subtema,Pembelajaran serta alokasi waktu.Dalam pembuatan Promes bapak/ibu guru mengacu pada Kalender Pendidikan yang sudah dibuat oleh pihak kabupaten/kota.

Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan oleh siswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.

Fungsi promes adalah sebagai berikut.

  1. Bisa mempermudah tugas Bapak/Ibu saat mengadakan pembelajaran selama satu semester.
  2. Mampu mengarahkan kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah diprogram.
  3. Menjadi pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap pihak yang ikut serta dalam pembelajaran.
  4. Menjadi pedoman guru dan dalam bekerja dan belajar.
  5. Menjadi tolok ukur efektivitas pada proses pembelajaran.
  6. Menjadi bahan untuk menyusun data, sehingga terbentuk keseimbangan kerja.
  7. Mampu menghemat waktu, tenaga, biaya, dan alat penunjang karena pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien.

 Langkah penyusunan promes

  1. Memasukkan kompetensi dasar, topik, dan sub topik materi/bahasan ke dalam format promes yang tersedia.
  2. Menentukan banyaknya jam yang tersedia di kolom minggu dan banyaknya tatap muka setiap minggu per mata pelajaran.
  3. Menambahkan catatan di setiap bagian yang membutuhkan keterangan.
Berikut ini kami bagikan Program Semester(Promes) Kelas 6 SD Kurikulum 2013 untuk semester  2.Pada Promes KK 2013 ini tentunya sangat berbeda sekali dalam formatnya.Pada Promes KK 2013 kolomnya lebih sedikit dan hanya memuat tema,sub tema,pembelajaran dan alokasi waktu.

Promes Kelas 6 Kurikulum 2013 ini kami buat dalam format Ms.word dengan menggunakan ukuran kertas legal.Settingan ukuran kertas yang kami buat dengan panjang 33.00 dan lebar 21.5.Sehingga rekan guru akan mudah dalam melakukan editing dan print out tanpa terpotong.

Silahkan unduh Promes Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Semester  2 dengan format ms.word di bawah ini:
Demikian materi terkait dengan Program Semester(Promes) Kelas 6 SD Kurikulum 2013 semester 2 versi terbaru.Semoga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi oleh rekan guru dalam pembuatan administrasi di sekolah.Promes ini kami perbarui bulan Maret 2021 karena digunakan untuk monitoring dan evaluasi pasca sertifikasi guru.

Silahkan masukan email bapak/ibu guru untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.Dan silahkan bagikan jika materi yang ada di blog ini bermanfaat.
Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Program Semester Kelas 6 SD Semester 2 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel