Aplikasi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas 6 SD/MI

Aplikasi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas 6 SD/MI,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan di tahun 2021. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). SE tersebut ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada 1 Februari 2021 dan ditujukan kepada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia.

Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tercantum keputusan meniadakan UN dan ujian kesetaraan tersebut berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat sehingga perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu ada tiga hal yang menjadi persyaratan kelulusan peserta didik dari satuan/program pendidikan.  Pertama, peserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemic Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Kedua, peserta didik memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Ketiga, mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (ujian sekolah) sebagai penentu kelulusan peserta didik bisa dilaksanakan dalam bentuk portofolio, penugasan, tes luring atau daring, dan/atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, misalnya penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya.

Aplikasi excel cetak pengumuman kelulusan siswa kelas 6 sd


Pengumuman kelulusan untuk jenjang Sekolah Dasar( SD ) dijadwalkan pada tanggal 15 Juni 2021.Hal ini merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Persesjen Kemdikbud) Nomor 30 Tahun 2020, pengumuman kelulusan SD/sederajat akan diumumkan pada 15 Juni 2021. 

Berikut ini kami bagikan aplikasi excel sederhana untuk membuat Surat Keterangan Kelulusan Siswa Kelas 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021.Aplikasi ini sangat sederhana sekali yang berisi nama lengkap anak,nomor NISN,dan Tempat tanggal lahir.

Silahkan foramt tersebut bisa bapak/ibu guru edit sesuai dengan kepentingan pihak sekolah masing-masing dengan mengubah tulisan yang ada di sheet 2 pada ms.excel.

Baca juga : Aplikasi Rekap Nilai Kelas 4 s/d 6 dan Surat Keterangan

Aplikasi ini kami buat untuk memudahkan rekan guru dalam membuat pengumuman kelulusan siswa kelas 6 SD/MI.

Kami mengambil dari data calon peserta Ujian Sekolah atau data siswa kelas 6 yang sudah ada pada format excel.Kita tinggal copy paste nama lengkap anak,nomor NISN serta tempat dan tanggal lahir anak untuk di masukan pada sheet 1 excel.

Silahkan bapak/ibu guru kelas 6 bisa mengunduh dan mencoba menggunakan aplikasi yang sederhana ini untuk membuat pengumuman kelulusan siswanya tahun pelajaran 2020/2021.

Aplikasi Penguman Kelulusan Siswa Kelas 6 SD/MI Format Excel.

Demikian materi seputar pengumuman kelulusan siswa kelas 6 SD/MI yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga dengan aplikasi tersebut membantu rekan guru dalam membuat Surat pengumuman kelulusan sebagi salah satu persyaratan unti pendaftaran ke jenjang yang lebih tinggi.

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas 6 SD/MI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel