Promes Kelas 2 SD Semester Satu KK 2013 Revisi Terbaru

Pendidikan yang bagus dan berkualitas adalah pendidikan yang yang dijalankan dengan perencanaan matang, efektif dan efisien. Perencanaan matang tersebut dibutuhkan untuk memperlancar proses pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pendidikan dengan mudah. Adapun yang termasuk ke dalam perencanaan pendidikan yaitu kalender pendidikan, program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES).

Program Semester Kelas 2 SD Semester 1 KK 2013


Perencanaan persiapan belajar bukan hanya dipengaruhi oleh komponen pembelajaran seperti strategi saja, tetapi juga media dan metode yang digunakan dalam belajar. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kusrini, di mana terdapat dua faktor yang berhubungan dengan persiapan pembelajaran, yaitu:

1. Guru perlu melakukan analisis hari efektif dan program pembelajaran untuk mengetahui jumlah hari efektif belajar dan hari libur. Hal ini dapat memudahkan guru untuk menyusun program pembelajaran satu semester kedepan.

2. Guru membuat program tagihan, program semester dan program tahunan untuk mencapai kebutuhan dan kesinambungan program belajar agar tetap terlaksana dengan baik selama 2 semester kedepan.

Dalam hal ini, kita menyadari bahwa tugas tenaga pendidik bukan hanya sekedar menjelaskan materi dan melakukan penilaian hasil belajar siswa, tetapi juga membuat administrasi yang cukup banyak. Salah satu jenis administrasi yang perlu disiapkan setiap pergantian semester yaitu silabus, absen, RPP, Program Tahunan (PROTA) hingga Program Semester (PROMES).

Jika pada tulisan sebelumnya kita telah membahas Program Tahunan (PROTA/), dalam artikel ini kita akan membahas Program Semester (PROMES), mulai dari pengertian hingga tahapan penyusunannya.

Program Semester (Promes) merupakan program yang berisi garis-garis besar tentang hal-hal yang akan dicapai dalam satu semester. Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan.

Promes berisi rumusan pokok-pokok aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran selama satu semester dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jumlah Kompetensi Dasar, dan Indikator.

Promes akan memudahkan guru dalam mengajarkan materi untuk dikuasai peserta didik dalam satu semester.

Komponen Promes adalah sebagai berikut.

1. Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester, tahun pelajaran)

2. Format isian (materi, tema, sub tema, alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu)

Langkah-langkah Penyusunan Promes

Langkah-langkah pengisian Promes adalah sebagai berikut.

1. Menginput KD dan Indikator

2. Menetapkan jumlah jam dan jumlah tatap muk per minggu untuk tiap mata pelajaran

3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan indikator pada kolom bulan dan minggu.

4. Memberikan catatan pada kolom keterangan (jika diperlukan)

Silahkan bapak/ibu guru unduh Program Semester(Promes) kelas 2 SD/MI Semester satu Kurikulum 2013 untuk tahun pelajaran 2021/2022.Promes Kelas 2 ini kami buat dengan menggunakan format excel,sehingga rekan guru mudah untuk mengedit identitas sekolah.Langsung saja unduh Promes Kelas 2 SD Semester 1 KK 2013 di bawah ini:

Promes Kelas 2 Semester Satu Kurikulum 2013

Demikian materi seputar perangkat pembelajaran berupa Program Semester(Promes) Kelas 2 SD/MI semester 1 Kurikulum 2013 dalam format excel.Semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi rekan guru sekalian.

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Promes Kelas 2 SD Semester Satu KK 2013 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel