Jurnal Refleksi CGP Minggu ke 6 Modul 1.3.a.10.2

Saya bersyukur bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak sampai tahap ini. Saya merasa antusias karena ini merupakan hal baru bagi saya sehingga saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Saya senang dan gembira bisa berbagi pemikiran dengan rekan satu kelompok, sekaligus membuka hati dan pikiran untuk menerima hasil pemikiran anggota lain. Untuk membuat presentasi yang disepakati, saya merasa tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Dengan kolaborasi dengan rekan satu kelompok, saya yakin dapat menyelesaikannya. Ketika sesi presentasi, saya sempat merasa gugup, namun dengan keyakinan dan kepercayaan diri, saya hilangkan rasa gugup tersebut sehingga presentasi berjalan lancar.Pembelajaran ini juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik, menantang, dan kolaboratif.

Pada pembelajaran Eksplorasi Konsep, kita diajak membaca bahan ajar dan menonton video tentang manajemen perubahan berbasis Inkuiri Apresiatif, kemudian diminta menuliskan mimpi yang pernah dimiliki dahulu.Kita juga diminta membagikan impian tentang murid masa depan, dan berkomentar pada CGP lain. Konsep IA yang dipelajari pada Eksplorasi Konsep dibuat menjadi sebuah kesimpulan yang dibagikan pada LMS dan saling dikomentari oleh CGP. Diskusi pada ruang kolaborasi Visi Guru Penggerak, kegiatan diawali dengan pemaparan oleh fasilitator, dilanjutkan dengan tugas mandiri memetakan aset beserta kekuatan dan fungsinya, selama 20 menit. 

Jurnal refleksi Minggu ke 6 CGP angkatan 4


Diskusi dilanjutkan di break out room masing-masing kelompok, yaitu presentasi anggota kelompok secara bergiliran dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan model yang akan dipergunakan dalam presentasi. CGP kembali ke main room untuk memperoleh penjelasan tentang tugas yang diupload. Pada ruang kolaborasi kedua masing-masing kelompok melakukan presentasi dengan berbagi peran, yaitu sebagai moderator, penyaji, dan pemberi tanggapan atas presentasi kelompok lain. Presentasi kelompok diawali dengan kalimat pembuka oleh moderator, penyajian hasil diskusi oleh penyaji melalui share screen, pemberian tanggapan oleh kelompok lain, dan jawaban dari kelompok penyaji. Pada akhir kegiatan, fasilitator memberikan penguatan-penguatan tentang pentingnya memetakan kekuatan aset untuk mewujudkan visi guru penggerak. Pada pembelajaran Refleksi Terbimbing, CGP diajak untuk membuat refleksi mengenai diskusi yang telah dilakukan.

Saya telah mempelajari konsep Inkuiri Apresiatif yang berbasis kekuatan positif dengan langkah-langkah BAGJA. Setelah memperoleh gambaran aset yang dilimiki, saya belajar menyelami kekuatan-kekuatan positif yang dimiliki oleh tiap aset, beserta fungsi tiap kekuatan tersebut dalam mewujudkan visi. Dengan mempelajari pemetaan aset, kekuatan, dan fungsinya dalam mewujudkan visi, saya memperoleh pembelajaran seberapa kekuatan pendukung dan bagaimana mengelola aset dalam mewujudkan visi. Untuk menerapkan Inkuiri Apresiatif dalam melakukan perubahan, kita perlu memetakan aset utama dan aset pendukung beserta kekuatan dan fungsinya secara rinci. Ini diperlukan sebab dalam melakukan perubahan, kita bertolak dari kekuatan positif yang dimiliki. Dalam melakukan perubahan, diperlukan perencanaan yang matang, visi yang jelas, aset yang dimiliki, komitmen, langkah-langkah kerja, peran dan fungsi personil, dan evaluasi. Semua yang diperlukan dalam melakukan perubahan tercantum dalam langkah-langkah BAGJA.

Untuk mengikuti pembelajaran yang serupa ke depan, saya perlu melakukan langkah-langkah refleksi, yaitu menggali kekuatan dan kelemahan serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Untuk menunjang pembelajaran, saya perlu mencari inspirasi dari rekan-rekan CGP lain. Dalam mengerjkan tugas, saya berkolaborasi dengan rekan satu kelompok. Dalam berdiskusi, saya berusaha membuka pikiran untuk menerima perbedaan pendapat karena perbedaan pendapat akan saling melengkapi pencapaian tujuan. Untuk memperlancar kegiatan pembelajaran, saya mencari sumber-sumber belajar lain yang mendukung secara mandiri. Saya juga terus berlatih menggunakan IT, khususnya agar bisa membuat presentasi yang menarik. 

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Jurnal Refleksi CGP Minggu ke 6 Modul 1.3.a.10.2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel