Download Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SD Tahun 2021 Secara Daring

Merdeka belajar dan pendidikan 4.0 merupakan jenis pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik masa kini.Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir analitis dan kolaboratif dan para pendidik harus menghadapi perkembangan teknologi yang berubah dengan sangat cepat. Salah satu upaya untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini sebagai investasi jangka panjang untuk peserta didik meraih kesuksesan di masa mendatang.Oleh sebab itu, mutu pendidikan harus terus ditingkatkan dengan mengikuti perkembangan zaman.

Pengertian KSN SD merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para peserta didik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Berdasarkan surat keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 menyatakan bahwa satuan pendidikan yang berada di daerah zona kuning, oranye, dan merah dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR), maka pelaksanaan KSN SD tahun 2021 masih dilaksanakan secara daring/online seperti tahun sebelumnya.

Juknis KSN SD Tahun 2021


KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Panduan teknis pelaksanaan KSN SD tahun 2021 yang telah disusun merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya.

Tujuan umum KSN SD tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus KSN SD tahun 2021 adalah sebagai berikut

  • Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 
  • Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; 
  • Untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; 
  • Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat; 
  • Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; dan 
  • Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.
Bapak/ibu guru bisa mengunduh Teknis KSN SD Tahun 2021 melalui link yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Unduh Panduan Teknis KSN SD Tahun 2021 Di Sini

Berikut ini beberapa file yang terkait dengan kegiatan KSN SD:
Demikian informasi terkiat dengan pedoman atau Juknis mengenai pelaksanaan KSN Jenjang SD Tahun 2021.Semoga buku panduan ini bisa digunakan oleh rekan guru dan peserta didik sebagi acuan dalam pelaksanaan kegiatan KSN Tahun 2021.

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Download Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SD Tahun 2021 Secara Daring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel