Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan Kelas 6 SD Lengkap Dengan Soal

Makhluk hidup berkembangbiak dengan tujuan untuk mempertahankan atau melestarikan jenisnya.Perkembangbiakan adalah proses bertambah banyak jumlah dari individu.Berikut ini materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta soal-soal yang berkaitan dengan perkembangbiakan hewan dan tubuhan bagi peserta didik kelas 6 SD/MI.

Perkembangbiakan generatif pada hewan dibagi menjadi tiga yaitu perkembangbiakan dengan cara ovipar, vivipar dan ovovivipar. Berikut ini penjelasan dan contoh cara perkembangbiakan hewan secara generatif.

Ovipar

Ovipar merupakan hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Telur pada umumnya harus dierami induknya hingga menetas. Proses pengeraman dilakukan untuk menjaga suhu telur agar tetap stabil. Suhu telur yang tetap terjaga sangat berpengaruh pada perkembangan bakal hewan yang ada di dalam telur. 

Hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara ovipar adalah hewan jenis unggas, reptil dan ikan. 

Ciri khusus hewan ovipar  

  • tidak memiliki daun telinga.
  • bukan merupakan hewan mamalia.
  • induk tidak menyusui anaknya.
  • tidak memiliki kelenjar susu.
  • induk mengerami telur hingga menetas.
  • telur berada di luar tubuh induknya. 

Vivipar

Vivipar merupakan hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Pada umumnya hewan ini termasuk jenis mamalia. 

Ciri khusus hewan vivipar

  • Memiliki kelenjar susu
  • Memiliki daun telinga
  • Penutup tubuh hewan vivipar adalah rambut
  • Merupakan kelompok mamalia
  • Individu baru akan dikeluarkan atau akan dilahirkan dari tubuh induknya

Ovovivipar

Ovovivipar merupakan hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur didalam tubuh dan menetas didalam tubuh kemudian mengeluarkan individu baru dengan cara melahirkan. Hewan-hewan ini memang sangat spesial dan sangat sedikit.
Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan kelas 6 sd



Pembuahan pada jenis ovovivipar terjadi pada betina hingga terbentuk sebuah telur. Di  dalam telur anak tumbuh embrio yang akan berkembang menjadi keturunan. Proses tersebut yang disebut kehamilan. Cadangan makanan didapat langsung dari embrio telur tersebut bukan dari induknya. 

Namun telur hanya bertahan dalam jangka waktu tertentu lalu menetas. Hingga telur menetas didalam perut dan dilahirkan. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar diantaranya kuda laut, ular kadut, ikan guppy, ikan pari, ikan hiu, bunglon, iguana, kadal, salamander, platypus.

Ciri khusus hewan ovovivipar

  • Memiliki embrio yang dapat berkembang menjadi cangkang telur dalam tubuh induknya
  • Tidak menyusui
  • Pembentukan anak dilakukan dengan cara generatif
  • Anak tidak diasuh oleh induknya
  • Induk tidak memiliki Rahim
  • Termasuk hewan berdarah dingin
  • Setelah menetas individu baru akan keluar langsung dari tubuh induknya.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan terjadi pada hewan-hewan tertentu. Ada tiga cara yaitu membelah diri, tunas dan fragmentasi. Lalu bagaimana cara dan hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara demikian. Mari kita bahas satu persatu

Membelah diri

Membelah diri adalah cara perkembangbiakan hewan dengan jalan membagi tubuhnya menjadi dua bagian yang sama atau lebih secara langsung yang dilakukan hewan bersel satu. 
Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara membelah diri adalah Amoeba, protozoa, paramecium dan virus.

Bertunas

Bertunas adalah cara berkembangbiak hewan pada saat organisme baru tumbuh. Tunas baru akan melekat sepanjang pertumbuhannya hingga menjadi organisme baru. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara bertunas adalah Hydra, Porifera, dan coelenterate.

fragmentasi

Fragmentasi adalah cara perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri atau pemutusan bagian tubuhnya. Contoh hewan fragmentasi adalah planaria dan cacing pita.

Perkembangbiakan pada Tumbuhan

Secara umum perkembangbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua, yaitu secara vegetatif dan secara generatif.

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah tanpa melalui perkawinan atau aseksual. Makhluk hidup baru (keturunan) berasal dari bagian tubuh induknya (hanya melibatkan satu induk). Keturunan ini memiliki sifat biologis yang sama dengan induknya.

Ada dua kelompok tumbuhan dengan perkembangbiakan secara vegetatif, yaitu: vegetatif alami dan vegetatif buatan. Pada proses vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Sedang pada vegetatif buatan, makhluk hidup baru terbentuk dengan bantuan manusia.

1. Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif

Perkembangbiakan secara Vegetatif adalah cara perkembangbiakan makhluk hidup yang terjadi tanpa melaui perkawinan. Perkawinan adalah peristiwa bertemunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.

Perkembangbiakan secara vegetatif dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan. Pada perkembangbiakan vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Pada perkembangbiakan vegetatif buatan, makhluk hidup baru terbentuk dengan bantuan manusia.

a. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami

Perkembangbiakan secara vegetatif alami terdiri dari:

1) Membelah diri

2) Spora

3) Akar tinggal

4) umbi lapis

5) umbi batang

6) umbi akar

7) geragih

8) tunas

1) Membelah diri

Tumbuhan tingkat rendah berkembangbiak dengan membelah diri. Tumbuhan tingkat rendah itu terdiri atas satu sel, misalnya ganggang hijau.

2). Spora

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora antara lain tumbuhan paku, jamur, dan ganggang. Spora berbentuk seperti biji, tetapi sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata saja. Spora dapat dilihat dengan mikroskop. Spora dibentuk dan disimpan di dalam kotak spora yang di sebut sporangium.

  1. tumbuhan paku

Tumbuhan paku mempunyai bentuk daun yang indah. Kotak spora (sporangium) pada tumbuhan paku terdapat pada bagian bawah daun. Jika daun dibalik, maka kita dapat melihat kotak spora dibagian tepi daun.

  1. Jamur

Jamur tidak mempunyai zat hijau daun. Jamur tidak berbunga. Oleh karena itu jamur tidak berbuah dan berbiji. Jamur tumbuh ditempat-tempat lembap, misalnya pada tumbuhan dan hewan yang telah mati, serta pada makan yang telah basi.

Jamur berkembangbiak dengan spora. Pada jamur tempe, sporangium terletak pada ujung hifa yang menggembung. Hifa adalah benang-benang yang menyusun tubuh jamur.

  1. Ganggang

Pada golongan ganggang, sporangium terdapat pada tubuh ganggang itu sendiri. Setiap spora dilengkapi bulu cambuk atau bulu getar yang berguna sebagai alat gerak dalam air. Spora ini disebut zoospora. Saat mendapatkan tempat yang cocok, maka zoospora akan menempel dan berkembang menjadi individu baru.

3). Akar tinggal (rizoma)

Akar tinggal atau rizoma merupakan batang yang tertanam dan tumbuh didalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak seperti akar. Ciri-ciri akar tinggal adalah sebagai berikut:

a) Bentuknya mirip akar, tetapi berbuku-buku seperti batang dan pada ujungnya terdapat kuncup

b) Pada setiap buku terdapat semacam daun yang berubah menjadi sisik

c) Pada setiap ketiak sisi terdapat tunas

Jika ujung rizoma atau tunas ketiak tumbuh menjadi tumbuhan baru, maka tumbuhan tersebut tetap bergabung dengan tumbuhan induk dan membentuk rumpun. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal adalah jahe, lengkuas, temulawak, kunyit, dan rumput.

4). Umbi lapis

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis antara lain bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip.

Bawang merah mempunyai bentuk berlapis-lapis. Umbi yang berlapis-lapis dan di tengahnya tumbuh tunas disebut umbi lapis. Umbi lapis terdiri atas daun yang mengelilingi cakram(batang) dan membengkak di dalam tanah.

Pada permukaan atas dari setiap buku (ruas), tumbuh daun yang tebal dengan satu atau dua kuncup ketiak yang letaknya berdekatan sehingga seperti berlapis-lapis. Pada permukaan bawah dari setiap buku, tumbuh akar serabut tepat dibawah batangnya (cakram). Umbi lapis baru yang berasal dari tunas ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas yang disebut siung.

5). Umbi batang

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang adalah ubi jalar dan kentang. Umbi pada ubi jalar dan kentang sesungguhnya adalah batang yang menjulur ketanah. Ujung batang tersebut mengandung cadangan makanan terutama zat tepung. Jenis umbi ini disebut umbi batang.

6) Umbi Akar

Akar yang berubah fungsi unutk menyimpan cadangan makanan disebut umbi akar. Ciri-ciri umbi akar adalah sebagai berikut:

a) Umbi tidak berbuku-buku

b) Umbi tidak mempunyai kuncup dan daun

c) Umbi tidak mempunyai mata tunas

Contoh tumbuhan: bunga dahlia dan wortel

7) Geragih

Batang yang tumbuh menjalar diatas atau dibawah permukaan tanah disebut geragih. Tunas pada buku-buku batang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Ujung geragih yang menyentuh tanah akan membelok ke atas. Pada bagian bawah geragih muncul akar serabut. Walaupun tetap berhubungan dengan induknya, tumbuhan baru itu tidak bergantung pada induknya.

Contoh tumbuhan bergeragih diatas permukaan tanah adalah arbei, pegagan, dan semanggi. Contoh tumbuhan bergeragih dibawah permukaan tanah adalah rumput teki.

8)Tunas

Tumbuhan dikatakan berkembangbiak dengan tunas apabila tunas dari tumbuhan induk tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adalah pisang.

b. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan terjadi dengan bantuan manusia.Perkembangbiakan secara vegetatif buatan terdiri dari cangkok, runduk dan setek.

1) Cangkok

contoh: buah-buahan,

2) Setek

Perkembangbiakan dengan cara setek dilakukan dengan cara menanam bagian tertentu tumbuhan tanpa menunggu tumbuhnya akar baru terlebih dahulu. Macam setek ada 2 (dua) yakni setek dbatang dan setek daun

a) Setek batang

Misalnya: ketela pohon, mawar dan sirih

b) setek daun

Misalnya: cocor bebek, begonia, dan sri rejeki(Sansevieria sp)

3) runduk

misalnya: melati.

4) Menempel (okulasi)

Okulasi adalah cara pembudidayaan tanaman dengan menempelkan mata tunas dari dua tanaman yang sejenis, tetapi berbeda sifat misalnya mangga manalagi dengan mangga arum manis. Tujuan utamanya adalah mendapatkan tanaman baru dengan sifat unggul dari dua (atau lebih) tumbuhan berbeda. Cabang yang baru akan memiliki sifat dari kedua tanaman. Tanaman yang terbentuk dari hasil okulasi ini mempu-nyai sifat yang lebih baik dari tanaman induk karena biasanya menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman.

okulasi

5) Sambung pucuk (mengenten)

Sambung pucuk adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis dengan tujuan menghasilkan tanaman baru dengan mutu baik dan akar kuat. Batang atas dan batang bawah itu berasal dari dua tumbuhan berbeda. Batang bawah diperoleh dari semaian biji dengan akar kuat kemudian disambung dengan batang atas dari tumbuhan yang memiliki sifat (buah) yang baik. Sambungan dapat dilakukan dengan menggunakan tali plastik atau tali rafia.

Beberapa keuntungan dari perkembangbiakan secara vegetatif buatan adalah :

  1. Sifat tumbuhan baru sama persis dengan sifat tumbuhan induknya. Jika tumbuhan unggul maka tumbuhan baru pun akan bersifat unggul
  2. Cepat memberikan hasil jika dibandingkan dengan ditanam dengan bijinya.

Beberapa kerugian vegetatif buatan adalah :

  1. Tumbuhan yang diperbanyak secara vegetatif buatan tidak memiliki akar tunggang sehingga mudah tumbang
  2. Perkembangbiakan vegetatif buatan menghasilkan sedikit keturunan atau tumbuhan baru
  3. Merusak tumbuhan induk

2. Perkembangbiakan Tumbuhan secara generatif

Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dialami tumbuhan berbiji dan terjadi melalui penyerbukan. Penyerbukan atau persarian adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Penyerbukan akan diikuti oleh pembuahan.

a. Bagian-bagian bunga

Tangkai bunga:bagian bunga yang menghubungkan bunga dengan batang

Dasar bunga : bagian ujung tangkai bunga yang agak membesar

Kelopak : bagian yang menyelimuti bunga saat masih menguncup

Mahkota : bagian paling indah pada bunga/hiasan

Benang sari : alat kelamin jantan

Putik : alat kelamin betina

b. Penyerbukan dan Persarian

Penyerbukan atau persarian adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik.Pembuahan adalah peristiwa bertemunya sel jantan dengan sel betina.

c. Cara-cara penyerbukan

Berdasarkan asal serbuk sarinya, terdapat empat cara penyerbukan:

  1. Penyerbukan sendiri, yaitu apabila srbuk sari dri satu bunga jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri
  2. Penyerbukan tetangga, yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain, tetapi masih dalam satu tumbuhan
  3. Penyerbukan silang, yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain yang tidak satu tumbuhan, tetapi masih satu jenis tumbuhan
  4. Penyerbukan bastar, yaitu apabila serbuk sari dari satu bunga jatuh ke kepala putik bunga lain sejenis, namun varietasnya berbeda.

Perantara penyerbukan:

Beberapa perantara penyerbukan antara lain: hewan (khususnya serangga), angin, air, dan manusia.

Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya melalui perantara serangga, yaitu:

  1. mahkotanya besar
  2. warnanya mencolok
  3. mengeluarkan bau yang khas
  4. menghasilkan nektar

Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya melaui perantara angin, yaitu:

  1. serbuk sarinya banyak, kecil dan ringan
  2. bentuk kepala sari besar
  3. bentuk tangkai sari panjang
  4. kepala putik berbulu dan terentang keluar dari bunga
  5. bentuk mahkota kecil atau tidak mempunyai mahkota

Soal Perkembangbiakan Makhluk Hidup IPA Kelas 6 Semester 1


A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup berkembang biak. Berkembang biak berarti . . . .
a. bertambah banyak
b. bertambah sedikit
c. bertambah gemuk
d. bertambah tinggi

2. Mahkluk hidup setiap hari bertambah   banyak karena ….
a. hidup dan tumbuh rangsangan
b. berkembangbiak
c. peka terhadap
d. tumbuh dan bergerak

3. Bawang merah berkembang biak dengan ....
a. umbi akar
b. umbi batang
c. umbi lapis
d. tunas

4. Tahapan makhluk hidup menuju kedewasaan dimulai pada masa ….
a. embrio
b. janin
c. zigot
d. pubertas

5. Berikut perubahan fisik ada laki-laki, kecuali ….
a. suara membesar
b. tumbuh kumis
c. panggul membesar
d. tumbuh jakun

6. Salah satu ciri sederhana hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar adalah ….
a. menyusui anaknya
b. tidak berdaun telinga
c. hidup di dua alam
d. mengalami metamorphosis

7. Pernyataan yang salah tentang perkembangbiakkan tumbuhan adalah ….
a. suplir berkembang biak dengan tunas
b. mangga berkembang biak dengan biji
c. cocor bebek bertunas dengan tunas ad-ventif
d. pisang berkembang biak dengan tunas

8. Tanaman pada gambar di samping, berkembang biak menggunakan ....
a. tunas adventif
b. geragih
c. setek
d. umbi lapis

9. Perhatikan gambar berikut ini.

Urutan yang benar untuk mencangkok tumbuhan adalah . . . .
a. 1,2,3,4
b. 2,4,3,1
c. 2,1,3,4
d. 1,3,4,2

10. Perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara menempelkan kulit yang bertunas pada batang pohon induk disebut ….
a. mencangkok
b. menyetek
c. okulasi
d. kopulasi

11. Di bawah merupakan keuntungan perkembangbiakkan secara vegetatif, kecuali ….
a. tidak usah menunggu sampai pohon itu berbuah
b. cepat berbuah dan memberi hasil
c. sifatnya sama dengan induknya
d. tidak tahan terhadap hama


12. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif menggunakan . . . .
a. spora
b. biji
c. rhizoma
d. tunas

13. Perhatikan gambar berikut ini. Ini merupakan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara . . . .
a. okulasi
b. cangkok
c. menyambung
d. stek

14. Ikan nila berkembangbiak dengan cara... .
a. bertelur
b. beranak
c. bertelur dan beranak
d. membelah diri

15.Perkembangbiakan generatif pada hewan adalah dengan cara . . . .
a. bertunas
b. bertelur
c. fragmentasi
d. membelah diri

16. Tanaman mangga dikembangbiakkan secara vegetatif buatan dengan cara . . . .
a. mencangkok
b. merunduk
c. tunas
d. penyerbukan biji

17. Kunyit berkembang biak secara vegetatif alami menggunakan . . . .
a. tunas
b. geragih
c. umbi akar
d. akar tinggal

18. Jika sel telur dibuahi oleh sperma, maka akan terbentuk . . . .
a. janin
b. embrio
c. bayi
d. zigot

19. Perhatikan penampang bunga di samping. Bagian yang menunjukkan alat kelamin jantan adalah . . .

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

20. Berikut adalah perkembangbiakan vegetatif secara alami ....
    • A. 

      Tunas, tunas daun, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, akar tinggal dan geragih

    • B. 

      Tunas, tunas batang, umbi lapis, umbi batang, umbi tanah, akar tinggal dan geragih

    • C. 

      Tunas, tunas akar, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, okulasi, tinggal dan geragih

    • D. 

      Stek, tunas daun, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, akar tinggal dan geragih


B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
 1. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah ....
 2. Hewan yang berkembang biak secara vivipar diantaranya ..., ..., dan ....
 3. Penyerbukan artinya ....
 4. Hewan vivipar disebut juga hewan mamalia karena ....
 5. Perkembangbiakkan generatif pada hewan terdiri dari ..., ... dan ....
 6. . . . adalah proses pertambahan isi dan jumlah sel.
 7. Sapi berkembang biak dengan cara . . . .
 8.  Perkembangbiakan yang melibatkan sperma dan sel telur disebut perkembang-biakan
     secara . . . .
 9.  Rumput teki berkembang biak dengan . . .
10. Ikan berkembang biak dengan cara . . . .
11. Tanaman pisang berkembang biak dengan . . . .
12. Alat kelamin jantan pada bunga adalah . . . .
13. Bersatunya serbuk sari dengan bakal biji disebut . . . .
14. Menempelnya serbuk sari pada kepala putik disebut . . . .
15. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif ada dua macam, yaitu
     vegetatif . . . dan vegetatif . . . .
16. Mencangkok termasuk cara berkembang biak secara . . . .
17. Penyerbukan dapat dibantu oleh . . ., . . . , dan . . . .
18. Nama lain dari penyerbukan adalah... .
19. Ular berkembangbiak dengan cara... .
20. Alat kelamin jantan pada bunga disebut ... .

Video pembelajaran tentang perkembangbiakan hewan dan tumbuhan bisa di lihat di bawah ini:



C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan beri-kut dengan jelas!
1. Apa yang dimaksud dengan berkembang biak!
2. Gambarkan dan tuliskan bagian-bagian bunga lengkap!
3. Jelaskan macam-macam penyebukan!
4. Sebutkan perubahan-perubahan fisik pada laki-laki dan perempuan pada masa puber-tas!
5. Jelaskan ciri-ciri hewan bertelur (ovipar)!
6. Apakah perbedaan antara tumbuh dan   berkembang?.
7. Sebutkan cara perkembangbiakan secara kawin pada hewan.
8. Bagaimana cara perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan?
9. Sebutkan cara perkembangbiakan secara tak kawin pada hewan.
10. Jelaskan 3 contoh cara berkembang biak  tumbuhan secara vegetative buatan.
11. Tuliskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.
12. Berikan contoh ciri pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.
13. Tuliskan cara-cara memelihara kebersi-han   alat reproduksi pada manusia.
14. Berikan 3 contoh perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami!
15. Gambarlah bagian-bagian bunga sempurna!
Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan Kelas 6 SD Lengkap Dengan Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel