Aplikasi SKL MTs Tahun 2021

Aplikasi pembuatan Surat Keterangan Lulus(SKL) MTs Sesuai dengan Surat Edaran Nomor : 04.027/Kw.11.2/1/PP.00/06/2021 yang dikeluarkan oleh Kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

Proses Kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir.Meskipun tahun ini belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka,peserta didik tetap melaksanakan pembelajaran lewat Draing maupun Luring.

Pada tahun pelajaran 2020/2021 dari Kementerian Agama tidak menyelenggarakan kegiatan Ujian Nasional(UN) sebagai salah satu penentuan kelulusan siswa.Penentuan Kelulusan siswa berdasarkan dari nilai raport semester 1-5 serta hasil dari nilai Ujian Madrasah(UM).
Aplikasi Cetak SKL MTs Kemenag Jawa Tengah



Adapun untuk penghitungan Nilai Akhir(NA) untuk menentukan nilai Kelulusan siswa didapat dari 60% nilai rapor semester 1-5 di tambah dengan 40% dari nilai Ujian Madrasah(UN) kemudian dijumlahkan dan dibagi dua.

Dalam pembuatan Surat Keterangan Lulus(SKL) dari masing-masing Kantor Kementerian Agama di setiap provinsi berbeda-beda dalam hal format pembuatan SKL untuk jenjang MI,MTs,MA,dan MAK.

Untuk mempermudah dalam penghitungan nilai akhir dari SKL yang dibuat,maka kami mencoba membuat aplikasi excel yang sederhana untuk memudahkan rekan guru dalam pembuatan SKL Khususnya jenjang MTs.

Aplikasi SKL yang kami bagikan ini sudah kami sesuaikan dengan format Juknis dari kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah sesuai dengan SE Nomor : 04.027/Kw.11.2/1/PP.00/06/2021 perihal Surat Keterangan Lulus dan Panduan Teknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Adapun Surat Edaran tentang Juknis penulisan Ijazah dan pembuatan SKL Madrasah bisa di baca DISINI.

Aplikasi yang kami buat ini menggunakan kertas ukuran A4 dan skala print out 90%.Hal ini disebabkan karena banyak data dan kalimat yang panjang sehingga jika dibuat 100% maka tidak akan muat.

Adapun Menu yang ada di aplikasi ini antara lain:
1.Input Biodata Peserta Didik
2. Input Data Madrasah
3. Input Nilai Rapor 5 semester
4. Input Nilai Ujian Madrasah(UM)
5. Cetak SKHU
6. Cetak Keterangan Surat Ujian.

Silahkan bapak/ibu guru edit identitas madrasah dan peserta didik yang ada di masing-masing menu.Pada aplikasi SKHU atau SKL ini terdapat foto yang harus ditempelkan dan terkena cap stempel kepala Madrasah.

Bagi rekan guru yang ingin mencoba tertarik dan menggunakan aplikasi cetak skl dan SKHU MTs tahun Pelajaran 2020/2021 sesuai dengan Surat Edaran Nomor : 04.027/Kw.11.2/1/PP.00/06/2021 yang dikeluarkan oleh Kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 bisa mengunduh melalui link di bawah ini.

Aplikasi cetak SKHU/SKL MTs Unduh

Demikian contoh aplikasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga dengan menggunakan aplikasi excel ini akan membantu memudahkan rekan guru dalam pembuatan SKL di madrasah.Dan aplikasi yang kami bagikan gratis tanpa di protec.

catatan: untuk nomor agenda surat ketika mencetak di rubah secara manual.
Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi SKL MTs Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel