1.2.a.9 Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak CGP Angkatan 4

CGP                           : Julichan Eswanto Saputro, S.Pd.SD

Pengajar Praktik          : Widya Syafitri Wulandari,M.Pd.

Fasilitator                    : Ahmad Muzani, S.Pd.I,M.Pd.I


Beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan tugas kesimpulan ini adalah:

  1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

  2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

  3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 

  4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

Pendidikan dan pengajaran  adalah jalan utama untuk menjadikan tiap-tiap anak bangsa menuju kemajuan  budi pekerti, kecerdasan intelek, dan kekuatan jasmani yang selaras dengan budaya dan kehidupan bangsa.

Tugas seorang guru, bukan hanya mendidik, mengajar dan melatih serta membantu siswa dalam mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan tetapi juga memberikan stimulus kepada siswa dengan menyediakan tugas-tugas pembelajaran, berinteraksi dengan siswa, dan berperan sebagai seorang yang memberi jiwa dan mengilhami siswa.  

peran dan nilai guru penggerak


Seirama dengan tugas seorang guru, guru penggerak haruslah menjadi teladan, serta mampu memotivasi sehingga menguatkan kemampuannya untuk memberdayakan murid. Nilai dan peran guru penggerak meliputi mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid, Dengan nilai nilai tersebut seorang guru penggerak diharapkan mampu mengemban peran: menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru yang lain, mendorong kolaborasi antarguru, mewujudkan merdeka belajar.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan kodrat yang ada dalam dirinya serta mampu secara aktif dan proaktif mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran yang berpusat pada murid, serta mampu menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan “Merdeka Belajar” bahwa pendidikan harus berpusat pada murid, murid diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Strategi yang harus dilakukan guna mewujudkan nilai – nilai guru penggerak antara lain : 

  1. Aktif melakukan perubahan – perubahan dalam berinovasi dan berani mengambil resiko,
  2. bangun ruang kolaborasi dengan teman – teman guru/ rekan sejawat yang lain,
  3. Perbanyak berdikusi dan merefleksi diri agar kita mampu berinovasi.
  4. Memperbanyak belajar membangun kemampuan sehingga mampu merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan diri, memotivasi diri dan melakukan evaluasi.

Selain strategi yang akan dilakukan, juga sangat dibutuhkan pihak pihak terkait yang akan berpengaruh besar terhadap ketercapaian dari program guru penggerak di dalam komunitas sekolah,

  • Kepala sekolah ; yang memiliki peran paling  tinggi untuk menggerakkan komunitas yang ada di sekolah, karena dengan dukungannya dalam merespon setiap gagasan gagasan yang baik demi kemajuan sekolah, maka program guru penggerak akan terlaksana dengan baik pula.
  • Teman sejawat / Rekan guru ; dalam membantu mewujudkan program – program yang telah direncanakan sangat diperlukan sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.
Demikian penjelasan saya mengenai materi nilai dan peran Guru Penggerak.Bapak/ibu guru CGP Lainnya bisa menggapi dengan memberikan saran dan komentar yang membangun agar kedepannya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepannya.
Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "1.2.a.9 Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak CGP Angkatan 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel