Jurnal Refleksi Minggu Ke 19 Model 4F Pengambilan Keputusan

  Jurnal Refleksi Model 4F Minggu 19 

Facts ​(Peristiwa): Kegiatan pembelajaran mulai hari Senin tanggal 18 April 2022 ini diawali dengan refleksi terbimbing modul 3.1, yaitu melakukan refleksi berdasarkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan pemandu untuk melakukan kegiatan refleksi tersebut. Selanjutnya pada demonstrasi kontekstual, CGP diminta membumikan pemahaman mengenai Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran di lingkungan tempat kerja. Dalam mengambil keputusan tersebut harus berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengujian keputusan. pemahaman merupakan pembelajaran terakhir minggu ini, bersama instruktur. Pada minggu ini juga ada pendampingan 4 dari PP, dalam pendampingan kali ini PP melakukan pengamatan pembelajaran yang saya lakukan dalam kaitanya budaya positif dikelas dan penerapak kesepakatan kelas yang telah dibuat bersama dengan murid dilanjutkan diskusi kecil tentang kegiatan yang telah dilakukan pada bulan ini tentang pembelajran yang berdampak pada murid. 

jurnal refleksi Mingguan ke 19 CGP


Minggu ini diakhiri dengan lokakarya 4, meskipun loka ini mundur dari jadwal yang telah ditentukan tapi dapat berjalan dengan lancar walupun saya terjadi dilema karena bertepatan dengan RAT PRM dan saya dalam organisasi tersebut sebagai sekretaris. Akhirnya saya dapat langsung melakukan 9 langkah pengujian keputusan yang telah dipelajari, dari hasil pengujian tersebut saya dapat mengikuti lokakrya dengan ijin dari ketua dan pembina organisasi tersebut. Dalam lokakarya kami kembali melakukan kesadaran penuh atau mindfulness, melakukan refleksi komitmen kami pada lokakarya 3, praktik coaching dan membuat rencana pembelajaran yang berpihak pada murid yaitu pembelajaran berdiferensiasi.

Feelings ​(Perasaan): Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa bersemangat dan antusias mengikuti setiap sesi. Perasaan semangat muncul karena saya ingin tahu lebih jauh tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin  pembelajaran. Hal ini membuat saya antusias mengikuti pembelajaran pada tiap sesi. Saya tertarik untuk menganalisis kasus/situasi yang saya maupun orang lain hadapi berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil tepat. Saya merasa bersyukur karena telah sampai pada pembelajaran ini

Findings ​(Pembelajaran): Pembelajaran yang saya ikuti memberikan banyak pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman  dalam menghadapi situasi yang mengandung dilema etika, kemudian mengambil keputusan yang tepat.  Sebuah keputusan yang tepat akan menerapkan nilai-nilai kebajikan universal, berdampak jangka panjang, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, saya juga memperoleh pengalaman menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Pengalaman ini sangat penting sebagai pijakan dalam menjalankan kegiatan sebagai guru maupun  sebagai anggota masyarakat.

Future ​(Penerapan): Langkah yang akan saya ambil ke depan dalam menghadapi situasi/kasus yang mengandung dilema etika adalah menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Dalam penerapannya di kelas dan sekolah, saya akan melibatkan kepala sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP untuk memberi umpan balik terhadap pengambilan keputusan yang saya lakukan. Kepala sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP saya libatkan karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman menyelesaiakan masalah. Melalui umpan balik yang diberikan, saya dapat mengetahui seberapa tepat dan efektif pengambilan keputusan yang saya lakukan

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu Ke 19 Model 4F Pengambilan Keputusan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel