Modul 3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Modul 3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai refleksi terbimbing pada modul Pemimpin dan Pengelolaan Sumber Daya 3.2.a.7. Disini kita akan kembali mengingat tentang apa yang telah kita pelajari pada modul ini dan merefleksikan kembali sumber daya yang dimiliki oleh sekolah bapak/ibu guru hebat serta mengambil makna dari pengalaman belajar. Berikut pertanyaan dan jawaban saya dalam refleksi terbimbing modul Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Apa yang menarik dari proses dan hasil pemetaan tentang sumber daya di daerah untuk Sekolah anda ?

Jawab :

Hal yang menarik dari proses dan hasil pemetaan mengenai sumber daya yang terdapat di daerah untuk sekolah membuka pikiran dan wawasan saya akan banyaknya aset atau modal yang selama ini belum dimaksimalkan dan difungsikan dengan baik sebagai kekuatan untuk kemajuan sekolah.

Terkadang selama ini hanya terpikirkan kekurangannya saja yang justru sebenarnya ada kekuatan untuk dapat mendorong dan memotivasi semangat berkarya dalam melakukan hal - hal positif demi meningkatkan pelayanan di sekolah. Contoh halnya dalam modal fisik dimana kita selalu melihat kekurangan aset yang ada dalam sekolah terkait fisik, akan tetapi kita lupa masih ada kekuatan yang menunjang proses belajar yakni modal lingkungan jika melihat kekuatan aset yang ada tentunya kita akan berfikir lebih bijak untuk kreatif dan melakukan inovasi dari aset yang ada dengan memaksimalkan kekuatan aset yang sudah ada di sekolah.

Sebagai pemimpin pembelajaran dengan selalu berpikir dan berorientasi kepada peserta didik, tentunya peran seorang pemimpin pembelajaran adalah menciptakan iklim pembelajaran dan ekosistem pendidikan yang ideal. Dengan melihat kekuatan di balik kekurangan yang dimiliki suatu daerah tentunya akan merubah pola pikir (mindset) kita sebagai pemimpin pembelajaran untuk memaksimalkan sumber daya yang ada di daerah untuk sekolah.

Apakah pola pikir yang Anda pikirkan sebelum mempelajari modul ini ? Apakah menggunakan pendekatan aset atau masalah?

Jawab :

Sebelum mempelajari modul ini pola pikir yang selama ini saya menggunakan pendekatan masalah dengan selalu melihat sesuatu yang disoroti hanya dari kekurangan yang dimiliki. Sangat jarang melihat sesuatu dari sisi baiknya ataupun dari segi kekuatan aset yang dimiliki. Terkadang selalu mencari kekurangan apa saja yang menjadi penghambat suatu proses tanpa mempertimbangkan sisi kekuatan yang bisa saja timbul diantara kekuatan atau masalah yang terjadi. 

Jika ada perbuahan ? Sebutkan apa perbedaan dan mengapa itu berubah ?

Jawab :

Setelah mempelajari modul ini mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dengan pendekatan berbasis aset  ada perubahan dalam diri terkait pola pikir (mindset). Dari sini mulai dari diri telah mengubah sudut pandang bagaimana memandang segala sesuatunya tidak lagi dari sisi kekurangannya saja akan tetapi mulai mengubah pola pikir dan sudut pandang dengan melihat kekuatan yang dapat digunakan secara maksimal sumber daya yang dimiliki untuk menuju suatu proses kemajuan bersama.

Perbedaan yang terjadi sebelum mempelajari modul ini ialah apa yang menjadi masalah berubah menjadi apa yang mesti dilakukan dan upaya untuk menggali potensi atau kekuatan yang dimiliki untuk menghadapi segala sesuatu. Dari sini mulai mengubah redaksi pertanyaan dari bagaimana cara memperbaiki berubah menjadi upaya apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki.

Apa yang perlu Anda lakukan jika Anda dapat terus berpikir dengan pendekatan berbasis aset ?

Jawab :

Upaya yang bisa dilakukan adalah menyelaraskan pemikiran atau ide gagasan satu dengan yang lainnya untuk memulai suatu langkah atau tindakan untuk menggunakan kekuatan aset yang dimiliki untuk menuju suatu kemajuan agar tercipta suasana yang positif, nyaman dan aman dalam membangun sekolah. Secara perlahan dan pasti mulai melakukan perubahan dan pengembangan kepemimpinan secara bertahap mulai dari mengubah pola pikir dengan pendekatan berbasis aset untuk melihat dari sudut pandang kekuatan yang dimiliki untuk melakukan suatu perubahan.

Buatlah satu gambar/simbol/kata yang bisa menggambarkan apa yang Anda rasakan saat ini terkait pembelajaran lalu diunggah ke dalam paltform ini. (insert picture atau tautan)

gambar animasi anak bahagia

Jawab : Melalui modul ini Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya telah merubah pola pikir (mindset) untuk selalu berpikir positif dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang dengan pendekatan berbasis aset. Perubahan dimulai dengan memaksimalkan kekuatan atau potensi yang terdapat di lingkungan kita

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Modul 3.2.a.7. Refleksi Terbimbing - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel