Jurnal Refleksi Minggu Ke 24 Modul 3.3

 Model 4F

Facts(Peristiwa)

Pada minggu ini diawali di ruang kolaborasi bersama fasilitator Bapak Ahmad Muzani dan rekan CGP lainnya.Dalam kegiatan ini saya dapat melihat program yang berdampak pada murid yang akan dilakukan atau direncanakan teman-teman CGP. Dari kegiatan ini saya banyak mendapat berbagai pengalaman dan inspirasi.Vicon kali ini agak sedikit berbeda, karena menjadi vicon terakhir kami dalam berkolaborasi dengan fasilitator dalam PPGP angkatan 4. Rasa sedih yang muncul ketika perpisahan. Semoga ilmu dan pesan Ibu Fasilitator agar tetap terus memberikan yang terbaik kepada anak didik dan terus belajar agar menjadi guru yang mampu memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di sekolah masing-masing. selain itu dalam minggu ini saya juga melakukan refelksi terbimbing dan demonstrasi kentekstual dalam merancang program sekolah yang berdampak pada murid serta membuat rencana prakarsa perubahan menggunakan tahapan BAGJA.

Feeling(Perasaan)

Hal yang saya rasakan dalam minggu ini adalah saya merasa harus banyak terinspirasi dari program-program belajar dan dari teman tentang pemetaan CGP lainnya. Banyak hal baru yang saya dapatkan, dalam memanfaatkan aset yang ada hingga merancang prakarsa perubahan dengan BAGJA yang telah dipelajarai pada modul sebelumnya dan perubahan itu harus berdampak pada murid. Selain itu saya juga merasa sedih karena minggu ini adalah vicon terakhir kami dengan ibu Fasilitator. Meskipun saya yakin bahwa proses belajar ini akan terus berlanjut dan bapak Fasilitator akan selalu membimbing dan berbagi dengan kami walupun bukan dalam vicon atau LMS.

Findings( Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapatkan adalah :

  • Menumbuhkan kepemimipinan murid dan menyediakan kesempatan murid untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila.
  • Selalu melibatkan Murid dalam mengambil keputusan atau program yang kita buat di kelas maupun program sekolah.
  • Program sekolah harus menyediakan lingkungan belajar yang mampu dapat menumbuhkan budaya di mana murid memiliki suara, pilihan dan kepemilikan.
  • Dalam menumbuhkan perkembangan kepemimipinan murid perlu melibatkan komunitas yang ada di lingkungan sekolah.

Future (Penerapan)

Yang akan saya lakukan kedepannya adalah :

  1. Menyediakan lingkungan belajar yang dapat menumbuhkan di mana murid budaya suara, memiliki pilihan, dan kepemilikan
  2. Berusaha melibatkan murid dalam pengambilan keputusan di kelas maupun sekolah
  3. Menjalankan program prakarsa perubahan yang berdampak pada murid yang telah dibuat.
Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

1 Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu Ke 24 Modul 3.3"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel