Contoh RPP Berdiferensiasi Kelas 4 SD Modul 2.1.a.7

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar siswa. Didalam pembelajaran berdiferensiasi ada tahapannya, yaitu diferensiasi konten ( apa yang kita ajarkan), diferensiasi proses (mengacu bagaimana murid memaknai tentang materi yang dipelajari), diferensiasi produk (tagihan apa yang diharapkan dari murid setelah selesai pembelajaran).

Pembelajaran berdiferensiasi atau differenciated instruction merupakan sebuah strategi atau usaha guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam atau merespon perbedaan pada siswa dalam kelas untuk menciptakan pengalaman belajar yang terbaik bagi siswa.

kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek:

Ketiga aspek tersebut adalah:

1.Kesiapan belajar (readiness)

2.Minat murid,

3.Profil belajar murid

Ada 3 strategi diferensiasi

1. Kontent, mencakup materi yang harus dipelajari siswa atau bagaimana siswa akan mengakses kontent tersebut.

2.. Proses, mencakup  aktivitas  dalam pembelajaran dimana siswa terlibat  dalam pembelajaran untuk menguasai konten pembelajaran.

3.. Produk-, mencakup tugas atau hasil unjuk kerja siswa yang tentunya bersifat tangible atau ada wujudnya .

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid.

Pembelajaran diferensiasi dapat sukses dalam memenuhi /menjawab kebutuhan anak didik  karena : 

a. Pembelajaran diferensiasi  bersifat proaktif

b.Pembelajaran diferensiasi berakar pada penilaian

c.Pembelajaran diferensiasi lebih bersifat kualitatif daripada kwantitatif

d. Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan beberapa pendekatan terhadap konten, proses, dan produk.

e. Pembelajaran diferensiasi berpusat pada anak didik

f. Pembelajaran diferensiasi gabungan antara pembelajaran seluruhkelas, kelompok dan individu

g. Pembelajaran diferensiasi bersifat organic dan dinamis

* Melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek:1.Kesiapan belajar (readiness)2.Minat murid,3.Profil belajar murid

* Memastikan strategi diferensiasi yang mau di praktekan yaitu konten , proses, dan produk atu gabungan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan di capai

* Menciptakan lingkungan kelas ( environment class ) yang positif dan komunitas belajar di kelas yang positif juga.

* Untuk format RPP  sama seperti RPP lainya, hanya harus disesuaikan dengan pembelajaran diferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. Metode ini dapat diterapkan hampir pada semua mata pelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid.

Sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan setiap individu  anak didik, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.

Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. Metode ini dapat diterapkan hampir pada semua mata pelajaran. Sebagai contoh, saya pernah memberikan materi pelajaran IPS dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi.

Oleh karena itu untuk memulai  pembelajaran berdiferensiasi maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memetakan kebutuhan murid, di awali pembelajaran untuk mengenal murid, sehingga minimal kita dapat mengetahui sedikit karakter murid. Jika tidak semua siswa dapat mengikutinya, maka guru dapat membuat instrumen pemetaan misalnya berupa angket yang berisi asesmen diagnostik awal, gaya belajar siswa, dan kendala yang mereka hadapi. Ini bertujuan untuk memetakan kesiapan belajar siswa, minat, dan profil belajar siswa. Sehingga kita dalam kegiatan belajar mengajar akan sukses dan anak didik dan kita sebagai pendidik menjadi bahagia bersama.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.

Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. Metode ini dapat diterapkan hampir pada semua mata pelajaran.

Silahkan bapa/ibu Guru Calon Guru Penggerak bisa mengunduh contoh RPP Berdiferensiasi Kelas 4 SD KK 2013 untuk mengerjakan tugas modul 2.1.a.7 yang ada di MLS.RPP ini sudah dinilai oleh fasilitator dengan nilai 100,00.


Bapak/ibu bisa unduh DI SINI

Demikian contoh pembuatan RPP Berdiferensiasi untuk kegiatan pembelajaran siswa kelas 4 SD.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan/materi bapak/ibu guru CGP dalam membuat RPP Diferensiasi tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Berdiferensiasi Kelas 4 SD Modul 2.1.a.7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel