Jawaban 3.1.A.4.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Setelah Anda melakukan wawancara, salinlah tautan rekaman wawancara Anda pada kolom dibawah ini dengan rincian:

Studi kasus yang dipilih: Studi kasus 1/2/3/4

Tautan rekaman wawancara yang diunggah ke google drive: ...

1. Studi Kasus yang saya pilih adalah Kasus 1

  https://drive.google.com/file/d/11J3WVnkpiqblGD_dSLXSEvgB79xbiWHZ/view?usp=sharing  Klik Di Sini

2. Pengambilan Keputusan seperti apa yang diajukan oleh rekan kerja Anda?

*) Pilih salah satu jawaban dari kemungkinan yang Anda bisa lakukan dalam studi kasus yang dipilih.

  1.  Menghiraukan murid yang menangis, itu bukan urusan Anda. 
  2.  Menanyakan kepada Ibu Tati perihal muridnya yang menangis.
  3.  Menyapa murid yang sedang menangis dan memintanya untuk minta maaf kepada bu Tati bila berbuat salah. 
  4.  Melaporkan kepada Kepala Sekolah tentang kejadian tersebut.  Jawaban lain, jelaskan! 

3.Bila Anda berada dalam situasi di mana Anda adalah rekan dari guru yang ada di studi kasus 1/2/3/4, apakah yang akan Anda lakukan? Berbedakah jalan keluar Anda dengan rekan guru Anda?

Saya akan melakukan tindakan yang berbeda dengan teman saya lakukan. Akan coba untuk melakukan pendekatan terhadap anak dengan dengan memintanya untuk meminta maaf terhadap Bu Tati. Apa yang dilakukan Bu Tati bukan karena ketidaksukaan terhadap anak tersebut. Akan tetapi, cara mendidik anak yang berbeda-beda. Bisa jadi Bu Tati melakukan hal tersebut merupakan tindakan efektif untuk mendidik. Walaupun menurut saya tindakan tersebut bisa membahayakan terhadap anak tersebut. Selain itu, akan menyebabkan kejiwaan anak tersebut terganggu. Rasa Pobia melakukan tindakan, Rasa malu dan menurunkan kepercayaan diri pada anak. bahkan terkadang memunculkan kebencian terhadap guru tersebut. Alangkah lebih baiknya bahwa menyadarkan anak dengan membuat kesepakatan-kesepakatan kelas di awal masuk pembelajaran. Memberi penyadaran tidaklah harus dengan penghukuman. Setelah meminta anak tersebut untuk meminta maaf, selanjut di luar jam pembelajaran bisa mengadakan diskusi terbuka dengan bu Tati terkait bagaimana tindakan efektif untuk menyadarkan anak yang melakukan pelanggaran. Atau bisa juga menjadikan satu topik dalam ruang diskusi bersama seluruh warga sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman bagi anak didik.

4. Kira-kira rekan kerja Anda mengambil keputusan seperti yang diambil karena berlandaskan prinsip yang mana dari ketiga prinsip dilema etika? Kira-kira bagaimana prinsip Anda sendiri?

Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking). Walaupun tindakan yang dilakukan yang rekan kerja berbeda dengan tindakan yang saya lakukan tetapi memiliki prinsip dilema etika yang sama yaitu Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking). Nilai yang muncul dari diri saya dan teman saya karena rasa peduli terhadap anak didik.

5. Dari ketiga prinsip dilema etika ini, apakah yang tidak terduga atau menarik dari ketiga prinsip ini?

Prinsip kesatu Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking), hal yang menarik dari prinsip ini adalah yang kuat belum tentu menang, yang pintar belum tentu juara, karena berdasarkan nilai akhir. sehingga dapat dipetik bahwa manusia tidak dapat memprediksi semua akibat/konsekuensi dari tindakan atau keputusan yang dilakukan.

Prinsip kedua Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking), hal menarik dari prinsip ini jika diberlakukan akan mengabaikan keberagaman setiap individu. Prinsip ini hanya mementingkan terhadap tugas dan kewajiban.

Prinsip Ketiga Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking), hal menarik dari prinsip yang ketiga ini adalah prinsip ini tidak menunjang terhadap nilai kebaikan yang ideal karena menghilangkan nilai-nilai kebaikan jika terjadi pada dua orang yang sama-sama melakukan hal yang tidak layak dilakukan atau keduanya melakukan kesalahan (mereka akan saling menutupi padahal itu sebuah kesalahan)

6. Pertanyaan-pertanyaan apakah yang masih mengganjal atau ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang 3 prinsip dilema etika?

Saya cenderung langsung bertanya dan menjawab dalam menggunakan prinsip Rule Based Thinking bila menemui hal yang perlu di luruskan. Apakah tindakan saya ini sudah sesuai? Atau barangkali ada aturan yang runtut dalam menjalankan 3 prinsip diatas?

Belum ada Komentar untuk "Jawaban 3.1.A.4.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel