Contoh Program Sekolah Yang Berdampak Pada Murid

   Sekolah sebagai suatu komunitas memiliki potensi/asset/kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung keberlangsungan dan kamajuan sekolah. Asset/kekuatan tersebut berkontribusi terhadap kesuksesan program yang dijalankan sekolah. program-program yang mengedepankan kepentingan murid atau program yang berdampak pada murid. program yang dijalankan sekolah merupakan program yang sifatnya berkelanjutan. Program yang diselaraskan dengan kekuatan atau asset yang dimilki sekolah. 

    Program yang disesuaikan dengan visi dan misi sekolah. Setiap program yang dilaksanakan pasti melalui tahapan-tahapan dari mulai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, rencana tindak lanjut dan perbaikan. Perencanaan yang matang akan menetukan keberhasilan dan kesuksesan dari program tersebut. Rencana sebagai langkah awal akan menuntun langkah-langkah selanjutnya yang megarahkan terhadap pencapaian tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai dari program tersebut. Program harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan patokkan dalam melaksanakan program yang akan dijalankan.

Salah satu panduan yang dapat digunakan dalam menyusun rancangan sebuah program adalah dengan menerapkan paradigma inkuiri apresiatif melalui tahapan BAGJA. Tahapan BAGJA merupakan pendekatan yang digunakan untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik degan berbasis kekuatan yang dimiliki dan dilakukan secara kolaboratif. Diharafkan dengan menerapkan tahapan BAGJA maka program yang dijalankan akan berdampak pada murid. 

Berikut ini ada beberapa contoh Program yang berdampak pada murid mulai dari jenjang SD SMP SMA dan SMK.Program sekolah yang berdampak pada murid ini dibuat sebagai tugas dari calon Guru Penggerak(CGP) angkatan 4 Kabupaten Grobogan.

Silahkan bapak/ibu bisa mengunduh contoh kegiatan Program sekolah yang berdampak pada murid melalui link di bawah ini.
  1. Program Literasi Digital Siswa(SI DIA ) Jenjang SD 
  2. Program Pembuatan Eco Enzyme Siswa SMP dengan memanfaatkan kulit buah dan syuran
  3. Radio Literasi Siswa SD
Demikian contoh kegiatan aksi nyata modul 3.3. tentang pembuatan sebuah program sekolah yang berdampak pada murid.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi rekan guru CGP lainnya.
        

1 Komentar untuk "Contoh Program Sekolah Yang Berdampak Pada Murid"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel