Contoh Jawaban Esay Calon Guru Penggerak/Pengajar Praktik

Contoh Soal dan Jawaban Tes soal esay Pendaftaran Calon Guru Penggerak maupun mendaftarkan diri Sebagai pengajar Praktik pada Program Guru penggerak.Silahakn isis esuai dengan pengalaman yang anda miliki atau sesuai dengan pengalaman yang pernah dilakukan selama menjadi seorang guru.

Soal Esay dan Jawaban CGP


Berikut ini merupakan contoh jawaban esay dari pengisian persyaratan Calon Guru penggerak mapun pengajar praktik.

1. apa yang melatarbelakangi anda menjadi seorang pengajar praktik

Apa yang melatarbelakangi Anda memilih menjadi seorang Pengajar Praktik?

Latangbelakang yang membuat saya ikut mendaftarakn diri menjadi seorang Calon Pengajar Praktik adalah saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman saya selama menjadi seorang guru penggerak angatan 4.Banyak hal yang saya dapatkan selama menjadi seorang Guru penggerak.Saya juga ingin mengeksplorasi diri saya untuk terus berinovasi dan mengikuti Program Guru penggerak agar bisa terus bisa berinovasi di dunia pendidikan khususnya.Selain itu saya juga memiliki motivasi dan keinginan yang kuat untuk terus mengeksplorasi diri.

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Saya menjadi kepala sekolah baru pada bulan Maret 2023.Kemudian saya mendapati sekolah tidak memiliki penjaga sekolah sehingga lingkungan sekolah terlihat kotor dan banyak sampah berserakan di mana-mana.Setelah itu saya berdiskusi dengan guru serta membuat sebuah Program yang diberi nama"Saber Pungli".Saber Pungli adalah singkatan dari Sapu bersih sampah dan pengut sampah liar.Kegiatan ini kami laksanakan setiap hari Jumat setelah anak anak melaksanakan senam pagi ataupun setelah melaksanakan kegiatan jalan sehat.Saya mengambil inisiatif ini dengan tujuan untuk melatih anak hidup pola bersih dan mencintai lingkungan sekolah.Selain itu juga harapan saya adalah membentuk budaya positif di sekolah.Karena selama ini yang saya amati anak-anak masih suka membuang sampah sembarangan juga kurang peduli terhadap lingkungannya.Untuk menjalakan program tersebut saya mengajak rekan guru untuk mendampingi anak dan mempraktikan kepada anak bagaimana cara membuang sampah yang benar serta menjelaskan kepada anak menfaat hidup sehat.Alkhamdulilah dari rekan guru juga mendukung program tersebut dan bersedia mendampingi anak-anak untuk melakuakn pungut sampah dan menyampun halaman serta lingkungan sekolah.Dampak dari program tersebut adalah anak-anak mulai membiasakan diri untuk membuat sampah ditempat sampah.Misalkan ada anak yang membuat sampah sembarangan maka teman lain akan mengingatkannya.Kemudian masing masing guru kelas juga menyediakan tempat sampah di sekitar kelas.Selain itu juga kantin sekolah juga dimbau untuk mengingatkan jika ada anak yang membuang sampah sembarangan.

 

2. bekerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan dalam rangka tujuan bersama.Ceritakan pengalaman anda dalam melakukan kerja sama dengan pihak lain dalam rangka mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

 

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Pada awal bulan Juli sebelum tahun ajaran baru dimulai.Situasi yangs aya hadapi adalah terkenadala dengan ketersedian air bersih untuk guru dan anak-anak di sekolah.Pihak-pihak yang akan saya ajak kerja sama adalah rekan guru,wali murid,komite skolah serta tenaga ahli yang ada di masyarakat setempat.Memasuki musim kemarau Sekolah saya terkendala dengan air bersih karena memasuki musim kemarau sumur yang ada di sekolah sudah tersedia air lagi untuk memenuhi kebutuhan sekolah.Kita harus mengambil langak untuk mengatasinya

 

Ceritakan cara-cara yang Anda lakukan dalam rangka mendapatkan pemahaman yang sama hingga memunculkan komitmen dari berbagai pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut

Langkah-langah yang saya lakukan adan berdiskusi dengan rekan guru terlebih dahulu mengenai permasalahan yang dihadapi sekolah saat musim kemarau saat ini.Kemudian terdapat kesepakatan untuk membuat smur baru di sekitar aliran sungai yang dekat dengan lingkungan sekolah.Kemudian langkah berikut datang ke rumah komite sekolah menyampaikan permasalah yang sedang dihadapi oleh pihak sekolah.Kemudian dari komite menyarankan untuk mengundang wali murid diajak bermusyawarah untuk mengatasi permasalahan tersebut.Setelah itu kami bersama komites ekolah bersepakat untuk emngundang wali murid diajak bermusyawarah guna mengatasi persedian air bersih disekolah.Dari hasil musyawara dengan wali murdi dan komute sekolah menghasilkan kesepakatan untuk membuat sumur baru sebagai sumber utama dalam mengatasi musim kemarau.Terkait dengan pendanaan wali murid bersedia membantu pendanaan dan tenaga dalam pembuatan sumur baru yang ada di pinggir sungai.Kemudian untuk tenaga ahli juga ada wali murdi yang bersedia siap membantu tenaga dalam pembuatan sumur.

Tantangan serta kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerjasama? Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memfasilitasi kesepakatan yang ada dalam kelompok tersebut?

Tantanga yang saya hadapi adalah ketika saya menyampaikan pemaparan di depan wali murdi dan komite sekolah terkait dengan pembuatan sumur baru di pinggir sungai.Saya masih merasa kurang nyaman dan ragu apakah wali murid bersedia diajak bekerja sama dalam hel tersebut.Karena dalam pembuatan sumur baru jelas membutuhkan biaya yang banyak.Karena sekolah juga sudah tidak memiliki anggaran dalam pembuatan sumur tersebut.Terpaksa harus bekerja sama dengan wali murid untuk dimintai iuran dalam pembuatan sumur.Kesulitan yang saya hadapi bersama dengan rekan guru adalah mencari sumber mata air serta medan yang kurang mendukung.Upaya yang saya lakukan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan adalah memberikan kesempatan kepada wali murid untuk menyampaikan pendapat dan masukan terkait dengan pembuatan sumur tersebut.Kemudian membentuk panitia kecil yang berasal dari wali murid untuk mengelola sumber dana serta pemantauan kegiatan yang akan dilaksanakan.Kemudian juga mengadakan pelaporan kegiatan dan evaluasi untuk disampaikan ke wali murid.

Bagaimana hasilnya?

Dengan dukungan dari guru,komite sekolah dan wali murid alkhamdulillah program pembuatan sumur di pinggir sungai terlasana dengn baik dan sudah siap untuk digunakan.Anak-anak juga tidak perlu lagi membawa air dari rumah.Kemudian wali murdi juga merasa senang karena dilibatkan dalam kegiatan program di sekolah.Sehingga anak-anak bisa nyaman di sekolah karena kebutuhan air bisa terpenuhi untuk.

 

3. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru.Ceritakan penglaman anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait dengan kemampuan anda

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

Ketika saya masih menjadi ketua KKG pada bulan Oktober 2022.Masukan yang saya dapatkan adalah terkiat dengan narasumber yang akan mengisi kegiatan KKG.Drai pihak kepala sekolah agar narasumber mendatangkan dari luar kecamatan supaya ada suasana baru dan ilmu baru yang didapatkan.Saya merasa senang dengan perhatian dan masukan dari bapak kepala sekolah.Saya juga mendenagrkan dan melaksanakan masukan tersebut karena bagi saya masukan tersebut bertujuan baik.

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda? Berdasarkan masukan serta umpan balik yang Anda terima, ceritakan pula tindakan yang Anda lakukan untuk mengembangkan diri Anda

Saya mendapatkan masukan dari orang lain atau bapak kepala sekolah dengan sikap yang lapang dada dan dengan senang hati menerima masukan tersebut.Langkah yang saya lakukan dari masukan yang saya dapatkan adalah segera melakukan koloaborasi dengan rekan kerja atau pengurus KKG serta segera menindak lanjuti usulan atau masukan tersebut.Tindakan untuk melakuan pengembangan diri adalah dengan berkolaborasi dan berdsiksui dengan rekan guru serta kepala sekolah

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Hal yang saya lakukans selama ini untuk pengembangan diri saya adalah dengan mengikuti kegiatan seminar,diklat dan lokakarya yang diselenggarkan pemerintah maupun organisasi atau komunitas guru.Kegiatan lain yang saya lakukan untuk emndukung pengembangan diri saya adalah dengan berbagi dengan rekan guru yang lain di media sosial.Saya memanfaatkan media sosial sebagai saran untuk belajar dan berbagi ilmu serta praktik baik agar bisa mendapatkan masukan saran dan kritikan guna memperbaiki kedepannya.Saya juga berkolaborasi dengan rekan kepala sekolah dari sekolah lain,berdiskusi tentang program propgram sekolah yang sudah terlaksana dengan baik di sekolahnya.Selain itu kita juga berkolaborasi membuat sebuah program baru yang sekiranya belum pernah dilasakana di sekolah lain.Cara lain diluar kebiasaan yang membuat saya kurang nyaman adalah ketika saya mendapatkan tugas mengikuti sebuah kegiatan dimana sya kurang menguasai materi dan belum banyak yang kenal.Misalkan ketika saya mendapatkan tugas untuk mengikuti seminar aset sekolah.

Ceritakan pula penerapan yang Anda lakukan berdasarkan proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda. Berikan contoh situasi spesifik

Selama menjadi ketua KKG penerapan yang saya lakukan adalah selalu melakukan kolaborasi dengan kepala sekolah sebelum melaksanakan kegiatan.Contoh ketika saya dan pengurus KKG akan melaksanakan kegiatan KKG Dabin.Pada saat itu kita membutuhkan dana utuk kegiatan.Kemudian juga perlu mengundang rekan guru serta narasumber untuk mengisi kegiatan KKG tersebut.Sebelum kegiatan KKG , yang saya lakukan melakukan koordinasi dengan pengurus dan meminta dukungan dan masukan bapak KS yang ada di Dabin 3.Saya selaku ketua KKG tidak akan berjalan sendiri,dan berharap bersama-sama dengan pengurus agar kegiatan KKG brejalan dengan baik.Dari hasil diskusi dan musyawarah dengan kepala sekolah dan pengurus KKG menghasilalkan beberapa kesepakatan.Diantaranya adalah terkait dengan pendanaan akan dimintakan iuran dari guru PNS dan PPPK yang ada di dabin 3.Narasumber mendapatkan masukan agar mengundang dari luar kecamatan agar terdapat suasana dan ilmu baru.Selian itu masuka dari kepala sekolah yang lain agar hasil dari kegiatan ada laporannya.

 

4.Setiap orang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda.Ceritakan penglaman anda membimbing rekan-rekan sejawat/bawahan /guru/orang tua wali murid untuk melakukan suatu penugasan.

Kapan waktu kejadiannya? Siapa saja yang menjadi bimbingan Anda saat itu dan apa hubungan Anda dengan yang Anda bimbing? Hal apa yang menjadi fokus saat itu? Apa yang memotivasi Anda melakukan bimbingan tersebut?

Bulan Maret tahun 2023 saya mendapatkan Amanah sebagai Kepala Sekolah Baru.Kemudian bulan Maret 2023 saya berkoordinasi dengan rekan guru untuk menunjuk salah satu guru sebagai Operator Pelaporan dana BOS.Saya selaku kepala sekolah memberikan bimbingan,arahan serta motivasi kepada pak Joko Susanto untuk mengerjakan Pelapoan Dana BOS.Fokus permasalah di SD saya ada pelaporan Dana yang sering terlambat.Motivasi saya adalah melatih dan memberdayakan guru muda yang saya miliki untuk bisa membuat LPJ BOS agar tidak terlambat

Upaya apa saja yang Anda lakukan dalam rangka memastikan pengembangan yang dilakukan orang-orang tersebut sesuai dengan tujuan yang telah disepakati? Persamaan dan perbedaan pendekatan apa yang Anda gunakan dalam rangka membimbing mereka?

Langkah yang saya lakukan adalah yang pertama memberikan fasilitas terlebih dahulu seperti Laptop dan waktu luang untuk pengerjaan LPJ BOS.Kita bersama-sama mengadakan diskusi bersama langkah-langkah seperti apa yang akan dilaksanakan agar pelaporan dana BOS tidak terlambat lagi.Kemudian kita sepakat untuk meminta bantuan dari OPS sekolah lain agar dimbimbing sampai guru tersebut bisa mandiri dalam pembuatan laporan dana BOS.Selian itu juga saling memberikan saran dan masukan dan berkomunikasi jika mengalami kendala.

Ceritakan pula cara-cara yang Anda lakukan dalam memonitor perkembangan yang ditunjukkan masing-masing individu tersebut dari waktu ke waktu

Cara yang saya lakukan untuk mendapatkan perubahan perkembangan dari guru tersebut adalah melakukan pemantau secara langsung.Yaitu bertanya secara langsung kendala apa yang dihadapi ketika mengerjakan pelaporan tersebut.Kemudian juga bertanya sejauh mana pembuatan pelaporan yang sudah dikerjakan.Selain itu saya selakuk kepala sekolah juga turut serta melakukan pendampingan secara langsung ketika guru tersebut sedang mengerjakan pembuatan pelaporan dana BOS.Hal ini saya lakukan agar bisa melihat secara lansgung cara guru tersebut bekerja serta mengetahui kendala atau permasalahan apa saja yang dihadapi.Hasil akhir yangkami harapkan adalah untuk pembuatan pelaporan Dana BOS ke Korwilcam Pendiidkan kecamatan Geyer bisa mengumpulkan tepat waktu.Kemudian hasil dari Korwil jika masih ada yang kurang bisa kita perbaiki agar bisa lebih baik lagi ketika pembuatan pelaporan BOS Bulan berikutnya.Sebelum LPJ BOS yang dikirm ke Korwilcam Pendidikan kecamatan,saya juga harus mengecek satu persatu dari hasil pelaporan yang telah bapak guru tersebut buat.Selain itu saya juga berkomunikasi dengan Operator guru SD lain yang saya mintai bantuan untuk memberikan hasil perkembangan dari waktu kewaktu.

Bagaimana hasilnya?

Dan sampai saat ini perkembangan yang saya harapkan sudah sesuai namun belum mendeki kata sempurna.Karena saya menyadari sendiri semua membutuhkan sebuah proses untuk bisa mendapatkan hasil yang baik.Tetapi alkhamdulillah untuk pelaporan Dana BOS SD saya juga bisa mendri meskipun terkadang juga masih bertanya kepada OPS SD lain jika Guru saya mengalami kendala atau kesulitan.

 

soal no 5.Ceritakan mengenai hal terbaik yang pernah anda lakukan untuk memperoleh informais yang dapat membuata nad lebih memahami situasi dan permasalahan peserta didik.

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu terkait dengan peserta didik?

Bulan April 2023.Situasi yang saya hadapi terkait dengan peserta didik adalah ketika hasil dari kegiatan ANBK untuk nilai litrasi masih rendah.Hal ini saya lihat dari hasil unduh rapor Pendidikan hasil berwarna merah.Jadi kesimpulan adalah minat baca anak kelas 5 masih rendah.Masih ada sebagain anak kelas 5 yang masih belum lancar membaca dan memahami makna arti soal yang perlu dijawab di kegiatan ANBK.Hal ini yang menjadi tugas saya dan guru kelas 5 untuk meningkatkan minat baca peserta didik.

Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami sudut pandang peserta didik sehingga mampu memahami dan menyelaraskan tindakan yang Anda lakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka?

Langkah-langkah yang harus saya lakukan adalah berkoordinasi dengan guru kelas 5 terkait dengan permasalahan minat baca anak yang masih rendah.Kita berdua berdiskusi untuk mengambil langkah yang tepat agar permasalah terkait dengan minat baca anak bisa meningkat dan anak bisa lebih gemar membaca buku.Kemudian kita juga berkolaborasi dengan orang tua siswa.Kita mendatangkan orang tua siswa untuk diajak bermusyawarah guna mengambil keputusan yang tepat.Orang tua kita ajak berdiskusi dan saya himbau untuk memotivasi anak di rumah serta memantau belajar anak di rumah.Selain itu orang tua juga harus mendampingi anak-anaknya ketika sedang belajar.Menanyakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh bapak/ibu guru di sekolah.Selain itu saya juga memberikan angket yang berisi tentang kegiatan anak,kemudian hambatan-hambatan apa saja yang menghalami kegiatan pembelajaran di rumah serta motivasi apa yang membuatnya bisa semangat belajar.Selain itu juga ber isi tentang minat dan sistem pembelajaran seperti apa yang mereka butuhkan.

 

Bagaimana pula cara Anda memastikan keberhasilan pencapaian para peserta didik melalui kontribusi Anda terhadap mereka?

Cara mengecek keberhasilan dari langkah yang saya lakukan diatas adalah dengan memberikan buku bacaan di ruang pojok kelas.Anak-anak saya berikan jadwal setiap hari sebelum kegiatan untuk membaca buku yang ada di pojok kelas.Kemudian setelah itu anak-anak merangkum dan menceritakan buku apa yang telah di baca serta menceritakan isi dari buku yang telah dibaca tersebut.Selian itu anak-anak juga saya berikan projek membuat produk atau hasil dari kegiatan membaca tersebut.misalkan membuat mading,puisi dan klipping .

Bagaimana hasilnya?

Hasil yang diharapkan tentu tidak bisa mencapai hasil kata sempurnaHal ini karena butuh sebuah proses.Meskipun demikian sebagain besar anak kelas 5 sudah lancar membaca dan ada peningkatan minat baca.Hal ini bisa saya lihat dari sikap anak-anak yang ingin membaca buku baru atau mendapatkan buku yang baru yang belum pernah dibacanya.Selain itu anak-anak juga senang diberikan tugas untuk membuat klipping dan membuat puisi sebagai hasil produk yang mereka buat.Anak-anak bersemangat membaca buku baru dan bercerita.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jawaban Esay Calon Guru Penggerak/Pengajar Praktik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel