Prota Kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 TA. 2023/2024

Program tahunan kelas 3 SD adalah panduan bagi guru dan siswa untuk mengorganisir pembelajaran sepanjang tahun. Dalam Kurikulum 2013, kelas 3 SD bertujuan untuk memperkuat dasar pendidikan anak-anak dengan fokus pada perkembangan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Artikel ini akan membahas rencana program tahunan kelas 3 SD yang dirancang untuk mencapai tujuan tersebut.

Prota Kelas 3 SD Kurikulum 2013


Tujuan Utama Program Tahunan

Program tahunan kelas 3 SD bertujuan untuk mencapai sejumlah tujuan penting:

  1. Penguasaan Dasar Kemampuan: Memastikan bahwa siswa menguasai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung dengan baik. Ini adalah dasar yang kuat untuk pembelajaran di masa depan.

  2. Pembentukan Karakter: Mendorong perkembangan karakter yang positif, seperti kedisiplinan, kerja sama, dan rasa ingin tahu.

  3. Pembelajaran Menyenangkan: Menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa untuk memotivasi mereka dalam belajar.


  4. Langkah menyusun Prota adalah sebagai berikut:

Untuk menyusun atau membuat prota tidak terlalu sulit akan tetapi rekan – rekan harus meluangkan waktu untuk menghitung jumlah jam yang sesuai dengan pembagian KI dan Kdnya. Untuk itu ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menyusun Prota yaitu :

  • Menganalisis kalender pendidikan yang disesuaikan dengan sistem pembelajaran di lingkungan Kabupaten / Kota masing – masing instansi pendidikan.
  • Menghitung jumlah hari libur dalam kalender pendidikan sebagai acuan menghitung kebutuhan jam belajar untuk mata pelajaran atau tema.
  • Menghitung jumlah minggu efektif guna menyusun alokasi waktu di setiap KI dan KD.
  • Menentukan alokasi waktu yang diperlukan setiap mata pelajaran atau tema.
Berikut ini kami bagikan Program Tahunan (Prota) kelas 3 SD semester 1 dan 2 kurikulum 2013 dalam format ms.excel.

atau

Demikian materi terkait dengan pembauat administrasi Prota kelas 3 SD semester 1 dan 2 kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru serta bisa dijadikans ebagai bahan referensi bagi rekan guru sekalian.

Belum ada Komentar untuk "Prota Kelas 3 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 TA. 2023/2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel