Catatan dan Kesimpulan Observasi kelas oelh Kepala Sekolah

Kelancaran observasi kelas salah satunya adalah persiapan yang matang sebagai awal pelaksanaan kinerja PMM ini. Oleh karena itu, setiap guru tentu berharap observasi kelas sebagai bentuk pelaksanaan kinerja PMM ini tidak mengalami kendala yang berarti. 

Menurut Tenaga Ahli Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah ini catatan penting tersebut terdapat pada setiap fase pelaksanaan kinerja PMM. Lebih lanjut Bukik mengungkapkan salah satu hal penting dalam pra observasi adalah guru fokus pada satu target perilaku.

Tujuannya adalah agar nantinya lebih terlihat lagi peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru tersebut. “Guru tidak perlu ngoyo atau ambisius dalam memilih target perilaku saat observasi nantinya,” ungkap Bukik lebih lanjut lagi. 

Catatan Observasi kelas di PPM


Dalam webinar yang tayang secara langsung di kanal Ditjen GTK Kemendikbud RI tersebut, Bukik juga menyampaikan catatan penting lainnya pada fase observasi.  berikut ini adalah catatan penting terkait pelaksanaan observasi kelas. 

Observasi tidak dinilai, yang dinilai adalah peningkatannya, sekecil apa pun itu;Penilaian kinerja terdiri dari upaya refleksi, upaya belajar, dan perubahan praktik pembelajaran;Observasi merupakan ajang uji coba untuk perubahan praktik pembelajaran ke arah yang lebih baik; dan Observasi apa adanya yang bisa ditunjukkan sebagai bahan diskusi nantinya dengan Kepala Sekolah untuk menentukan tindak lanjut perbaikan. 

Selain itu, catatan penting juga disampaikan terkait dengan diskusi tindak lanjut guru dan Kepala Sekolah pasca observasi kelas. Beberapa catatan tersebut di antaranya yaitu:Pentingnya hubungan yang harmonis antara guru dengan kepala sekolah;Diskusi tindak lanjut dilakukan berdasarkan hasil observasi; danSemakin komprehensif diskusi tindak lanjut akan memudahkan guru dalam menyusun upaya tindak lanjut. 

Tidak lupa juga catatan penting terkait dengan upaya tindak lanjut perbaikan yang akan dilakukan oleh guru. Secara garis besar, catatan penting tersebut terkait erat dengan upaya peningkatan praktik pembelajaran yang telah dilakukan. 

Upaya tindak lanjut bisa berupa simulasi mengajar terkait implementasi hasil belajar dengan rekan sejawat sebagai observer;

Pilih upaya tindak lanjut yang realistis; dan

Upaya tindak lanjut dapat berupa pelatihan Mandiri di PMM, webinar/berbagi praktik baik atau diskusi di komunitas belajar dalam sekolah. Demikian halnya terkait refleksi tindak lanjut pun ada catatan penting yang bisa digunakan oleh guru terkait upaya tindak lanjut yang telah dilakukannya. 

Semakin tajam dan akurat refleksi maka penilaian akan semakin bagus;

Semakin jelas refleksi, perubahan pun akan semakin jelas terlihat;

Refleksi yang baik adalah yang komprehensif dan menyeluruh; dan

Pentingnya pembiasan diri dalam melakukan refleksi. 

Demikian catatan penting pelaksanaan kinerja PMM yang bisa menjadi jaminan observasi kelas akan berjalan lancar.

Berikut ini contoh beberapa catatan bapak/ibu kepala sekolah selama observasi di kelas.Dalam kegiatan observasi di kelas bapak/ibu kepala sekolah memantau jalannya kegiatan pembelajaran dan mencatat hal penting yang sudah dilaksanakan oleh guru selama proses Kegiatan pembelajaran di kelas.

Selain itu bapak/ibu kepala sekolah juga memberikan catatan kesimpulan sebagai bentuk refelski dan motivasi guru dalam upaya meningkatan kegiatan pembelajaran di kelas dan pengembangan diri.

Kesimpulan dan saran yang diberikan untuk guru:

1.Memilih Tugas yang Lebih Diprioritaskan:

Guru perlu memahami prioritas tugas dan fokus pada hal-hal yang memiliki dampak signifikan terhadap pembelajaran siswa.

2. Fokus Pada Tujuan:

Setiap pelajaran harus memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Tentukan apa yang ingin dicapai dalam setiap periode waktu tertentu.

Dengan memiliki tujuan yang terdefinisi dengan baik, guru dapat mengarahkan upaya mereka dengan lebih efektif.

3.Aktif Mengikuti Kegiatan Komunitas Guru

Terlibat dalam komunitas guru adalah cara yang baik untuk berbagi pengalaman, belajar dari rekan seprofesi, dan mengembangkan keterampilan.

Guru dapat menghadiri seminar, lokakarya, atau bergabung dengan grup diskusi online untuk memperluas wawasan dan memperoleh ide-ide baru.

Silahkan bapak/ibu guru unduh di Sini atau Download Di Sini

Demikian materi seputar kegiatan observasi kelas yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai bukti yang akan di isi di PMM.Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Catatan dan Kesimpulan Observasi kelas oelh Kepala Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel