" crossorigin="anonymous"> Juknis Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024 - guru grobogan

Juknis Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024

 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. 

Pada tahun 2024, KSM berupaya mengelaborasi sains, budaya, dan teknologi dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM digambarkan melalui framework sebagai berikut:Adapun karakteristik soal yang dikembangkan dalam KSM 2024 adalah:

juknis ksm tahun 2024


 (1). Simple Problem. Soal ini memiliki karakteristik berupa pilihan jawaban (choice problem) dengan struktur masalah yang lengkap (well-structured); 

(2). Partial Problem. Soal ini memiliki karakteristik antara pilihan jawaban (choice problem)/masalah desain (design problem) dengan struktur masalah yang lengkap/tidak lengkap (well and ill-structured); (3). Complex Problem. Soal ini memiliki karakteristik berupa masalah desain (design problem) dengan struktur masalah yang tidak lengkap (ill- structured).

Mengusung tagline baru Madrasah “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia”, bahwa pelaksanaan KSM tahun 2024 ini mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024 menambahkan kompetisi beregu di mana penekanan diberikan pada kerja-kerja kolaborasi yang merupakan hal penting dalam kegiatan saintifik di Abad 21. KSM 2024 juga meneguhkan rekognisi madrasah yang lebih luas baik nasional maupun internasional. 

Hal ini dilakukan dengan pembuatan soal yang bersifat kontekstual, mengacu kepada isu-isu sains internasional, variasi soal pilihan ganda, esai singkat dan uraian, serta melibatkan juri-juri tingkat nasional dan mengundang juri mitra internasional. Secara umum, pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara khusus tujuan KSM Tahun 2024 adalah:

1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains;

2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama;

3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif dan kolaboratif untuk maju bersaman-sama meraih prestasi di kalangan siswa madrasah;

4. Menjaring siswa-siswi terbaik di madrasah dalam bidang sains dan teknologi untuk meneruskan studi lanjut sarjana di perguruan tinggi terkemuka nasional dan perguruan tinggi internasional.

Berikut ini kanmi bagikan Petunjuk Teknis(Juknis) pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah(KSM) Tahun 2024 dalam formta pdf.Bagi bapak/ibu guru yang mau mengunduh Juknis nya bisa melalui link di bawah ini.

Download Juknis KSM Tahun 2024

atau 

Klik Di Sini

Demikian materi terkait dengan Petunjuk Teknis(Juknis) pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah(KSM) Tahun 2024  yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru di lingkungan Madrasah.

Belum ada Komentar untuk "Juknis Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel