RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 2 KK 2013 Tahun 2020/2021

Bisakah guru mengajar tanpa memiliki perangkat pembelajaran seperti RPP,Silabus,Promes dan lainya? jawabnya pasti bisa,akan tetapi apakah materi dan tujuan yang disampaikan oleh guru tersebut telah sesuai dengan yang ada di RPP? kemungkinan besar tidak sesuai jika guru tersebut belum membuat dan membaca RPP nya sebelum memulai kegiatan pembelajaran di kelas.

Perangkat pembelajaran merupakan administrasi guru yang wajib dibuat sebagai bukti fisik guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.Ibarat orang berjalan tidak akan menemukan tujuan yang akan dikunjungi jika orang tersebut tidak memiliki panduan arah tujuan yang jelas.Oleh karena itu semua guru wajib memilik perangkat pembelajaran sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.

Administrasi pembelajaran yang wajib dibuat oleh guru di awal semester 1 dan 2 antara lain meliputi RPP,Silabus,Promes,Prota,KKM,Pemetaan KI-KD dan administrasi pendukung lainya.Semua perangkat administrasi tersebut harus ada di awal semester.

RPP Kelas 6 SD Semester 2 KK 2013

Pada kesempatan ini,kami akan membahas seputar administrasi guru berupa RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 terbaru sesuai dengan edaran Permendikbud nomor 14 tahun 2019.Sesuai edaran tersebut bahwa RPP KK 2013 mengalami penyederhanaan untuk kegiatan inti.Jika kita merujuk pada Standar proses Permendikbud nomor 22 tahun 2016 terdapat 13 komponen RPP.Tetapi sesuai dengan Permendikbud nomor 14 tahun 2019 disederhanakan kegiatan inti menjadi Tujuan pembelajaran,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian(assessment).

Pada masa pandemi ini banyak guru berbeda dalam menyusun kurikulum.Ada yang menggunakan kurikulum model daring,ada yang menggunakan model Luring ada juga yang menggunakan RPP dengan model kombinasi.Tetapi ketiganya memiliki tujuan yang sama hanya berbeda pada langkah kegiatan pembelajaran.

RPP merupakan rencana yang menggambarkanprosedur atau proses dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan ke dalam silabus pembelajaran.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan kabupaten. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.

Berikut ini kami bagikan RPP Luring 1 Lembar Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang mungkin bisa dijadikan sebagai rujukan oleh rekan guru dalam pembuatan RPP.
RPP KK 2013 Tersebut kami sajikan dalam format ms.word sehingga memudahkan rekan guru dalam melakukan pengeditan identitas.Format kertas yang sudah saya setting menggunakan kertas jenis legal dengan ukuran panjang 33.00 dan lembar 21.5.Jadi rekan guru jangan kawatir jika RPP nya terpotong.

Silahkan masukan email bapak/ibu guru jika menyukai artikel ini.Jika sudah memasukan email otomatis akan mendapatkan informasi terbaru melalui blog ini secara gratis tanpa biaya.Jika berkenan bapak/ibu guru juga bisa membagikan artikel ini di group WA atau Facebook yang di miliki.

Terima kasih telah berkunjung.Salam pendidikan Indonesia.


Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 2 KK 2013 Tahun 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel