1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Inkuiri Apresiatif ⟮IA⟯ adalah sebuah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip psikologi positif dan pendidikan positif. IA beranjak dari pertanyaan utama yang ditentukan secara kolaboratif dan dijalankan bersama dalam suasana positif dan apresiatif. Ada lima tahapan IA yang dalam bahasa Indonesia dibuat menjadi akronim BAGJA. Pemilihan kata Bagja  yang dalam Bahasa Sunda berarti ‘bahagia’, menggambarkan proses yang dilalui sepanjang penerapannya dan membawa perubahan. 

Secara sederhana, BAGJA merupakan pendekatan perubahan berbasis potensi yang berfokus upaya kooperatif menentukan nilai positif dalam diri seseorang pada suatu organisasi atau lingkungan di masa lalu, masa kini, maupun masa depan. Fokus BAGJA adalah kekuatan individu yang disatukan sehingga diperoleh kekuatan tertinggi. Dalam pendekatan BAGJA, sisi positif harus diungkap dan diberikan penghargaan. Jika komponen organisasi lebih banyakmembangun hal-hal positif, maka kekuatan positif SDM akan meningkat dan diiringi dengan berkembangnya organisasi. Tahapan-tahapan BAGJA sebagai berikut:

  • Buat Pertanyaan. Dalam bagian ini, kita membuat 1 pertanyaan utama sebagai penentu arah penelusuran, penyelidikan, dan penelitian terkait perubahan yang akan dilakukan yang dilakukan secara bersama-sama. 
  • Ambil Pelajaran. Setelah menentukan 1 pertanyaan utama, bagian ini akan menuntun bagaimana kita mengambil pelajaran dari pengalaman positif individu maupun kelompok dalam unsur yang sama maupun berbeda. Bagian ini berusaha mnjawab pertanyaan lanjutan dari pertanyaan utama.
  • Gali Mimpi. Keadaan ideal yang diinginkan digambarkan secara rinci melalui sebuah narasi.
  • Jabarkan Rencana. Pada tahapan ini, dilakukan identifikasi tindakan-tindakan yang diperlukan dan keputusan yang diambil. Diperlukan pertanyaan-pertanyaan pemandu agar tindakan yang diambil lebih konkret. 
  • Atur Eksekusi. Tahapan ini membantu transformasi menjadi nyata, sehingga jelas siapa yang terlibat di setiap rencana.

Informasi yang paling dapat membantu saya dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak adalah mangungkap sisi positif individu yang berbeda-beda. Hal lain yang membantu adalah mengetahui kekuatan atau potensi yang dimiliki untuk digunakan sebagai landasan melakukan perubahan. 

Dalam menentukan pertanyaan utama diperlukan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat, dan komitmen dalam menjalankan kesepakatan. Penyusunan rencana perubahan juga memerlukan inspirasi dari organisasi atau pihak lain yang telah sukses melaksanakan perubahan sejenis.

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel