Contoh Tugas 1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak

  Tujuan Pembelajaran Khusus : 

  1. CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
  2. CGP dapat menunjukkan penggalian seluruh kekuatan dan potensi dari dalam dan luar diri pada rencana manajemen perubahannya.

Sebagai seorang guru penggerak harus memiliki mimpi besar untuk muridnya, tidak sekedar untuk satu dua tahun kedepan, tetapi untuk masa depan anak didik kita. mimpi besar itu bisa kita wujudkan dalam sebuah Visi, visi seorang guru untuk peserta didiknya di masa depan.

dalam menentukan sebuah visi, kita tidak bisa terlepas  dari filosfi pendidikan yang diajarakan oleh KHD mulai dari setiap anak memiliki kodrat zaman dan kodrat alam, anak bukanlah kertas kosong,sifat anak adalah bermian, tugas guru adalah menuntun dan filosofi KHD lainnya.  landasan nilai-nilai KHD itu kemudian kita bangun melalui nilai dan peran kita sebagai guru penggerak. Adapun nilai sebagai guru penggerak yang tidak boleh ditinggalkan diantaranya adalah mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. nilai-nila tersebut dapat kita transformasikan kedalam peran kita sebagai  pemimpin pembelajaran,  coach bagi guru lain, membangun komunitas praktik, mendorong kolaborasi dan mewujudkan kepemimpinan murid.

Tugas CGP Koneksi antar materi


Setelah kita sudah membangun pondasi berfikir kita dengan filosofi KHD, dan menempa diri kita dengan nilai dan peran guru penggerak, maka tahap berikuitnya adalah kita membangun visi murid kita dengan melakukan transformasi perubahan. salah satu manajemen perubahan tersebut dengan Inkuiri Apresiatif.

Inkuiri Apresiatif(IA) merupakan salah satu manajemen perubahan yang berlandasakan potensi-potensi positif yang kita miliki untuk kita kembangkan menujua sebuah perubahan. Inkuiri Apresiatif (IA) dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif.

 Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Implementasi Inkuiri Apresiatif (IA) dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang telah ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik. Tahapan dalam IA disebut dengan dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi.)

alur perubahan dengan BAGJA yang kita rancang tidak serta merta akan terwujud dalam waktu cepat dan singkat, karena itu baru langkah awal perubahan, langkah berikutnya bagaimana kita mengkomunikasikan kepada warga sekolah kepala sekolah rekan guru dan pihak lainya yang memiliki peran penting untuk bersama berkolaborasi menggerakkan peruabahan. 

Dalam proses apapun kita harus melaluinya dengan berbagai tahap dan rintangan untuk bisa terbang tinggi. seperti burung yang terbang  akan melandai (rendah) terlebih dahulu untuk membentuk kurva dan terbang lebih timggi.

Berikut ini saya tuliskan kembali visi yang telah saya buat pada kesempatan yang lalu.Visi murid saya di masa depan adalah sebagai berikut:

“Terwujudnya peserta didik yang beriman,cerdas,terampil,mandiri,dan berwawasan global”.

Tahapan Rancangan Strategi Perubahan dengan Pendekatan IA dengan tahapan BAGJA yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

Membimbing peserta didik untuk kreatif membuat konten video pembelajaran dengan menggunakan Smartphone(HP).

Tahapan dalam yang saya lakukan dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif(IA) adalah sebagai berikut:

Membimbing peserta didik untuk kreatif membuat konten video pembelajaran dengan menggunakan Smartphone(HP).

Prakarsa perubahan dan strategi pengenalan kekuatan dan potensi murid di sekolah kami sajikan dalam tabel dalm format ms.word.Bapak/ibu guru CGP bisa mengunduhnya DI SINI

Kemudian untuk pembuatan Infografis dan Power point tentang  Tahapan Rancangan Strategi Perubahan dengan Pendekatan IA dengan tahapan BAGJA untuk mewujudnya visi dan prakarsa perubahan bisa UNDUH DI SINI

Demikian materi terkiat dengan Tugas 1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai bahan rujukan bagi rekan guru sekalian.

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Tugas 1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel