Jurnal Refleksi Minggu ke Tujuh CGP Tentang Kekuatan Visi Sekolah

Dalam pembelajaran daring pada Pendidikan Guru Penggerak,jurnal yang ditulis setiap minggu ini menjadi sebuah media untuk mendokumentasikan perasaan,gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan.

Dalam memiliki rekam jejang yang berkelanjutan seperti ini,bapak/ibu CGP akan terus terdorong untuk belajar dan meningkatkan kualiatas pembelajaran yang bapak/ibu guru CGP latih dan ujikan.Jurnal ini bisa menjadi sarana untuk menyadri emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran.

Jurnal refleksi Minggu ke 7 CGP


Sama halnya dengan keterampilan lainnya, menulis jurnal refleksi pun perlu latihan dan pembiasaan agar dapat dirasakan manfaatnya. Pada awalnya, mungkin tidak mudah untuk menuangkan gagasan reflektif ke dalam tulisan. Karena itu, untuk membantu Anda, kami memberi contoh bagaimana refleksi yang baik, walaupun ditulis secara singkat. Di bawah ini kami bagikan contoh juran refleksi Minggu ke tujuh CGP tentang Pemetaan Kekuatan Visi Sekolah dengan menggunakan model 1(4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

 Facts ⟮Peristiwa):

Pembelajaran minggu ini masih pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak. CGP diminta membuat prakarsa perubahan yang akan dilakukan di sekolah, kemudian mengaplikasikan langkah-langkah BAGJA dalam penerapannya. Selain membuat Prakarsa perubahan, CGP juga diminta mengamati hasil karya rekan lain dan memberikan umpan balik. Pembelajaran berikutnya adalah Elaborasi Pemahaman bersama instruktur yang didahului dengan menuliskan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberikan pertanyaan kepada instruktur. Koneksi Antar Materi merupakan pembelajaran terakhir, yaitu membuat rancangan aksi nyata yang akan dilaksanakan di sekolah berdasasrkan visi dan prakarsa perubahan yang positif yang disusun. Dalam pembelajaran, saya berusaha mengikuti dengan baik semua tahapan, baik itu tugas mandiri, kegiatan tatap muka daring, maupun diskusi.  Rekan CGP lainnya melaksanakan pembelajaran yang serupa dengan yang saya lakukan, dan kami saling memberikan umpan balik terhadap karya masing-masing.

Feelings ⟮Perasaan⟯: 

Dalam mengikuti pembelajaran, saya dan CGP lainnya tetap merasa antusias, gembira, dan bersyukur bisa memperoleh pengetahuan dan pengalaman belajar. Dilihat dari tugas membuat prakarsa perubahan dan tahapan BAGJA  yang diunggah, saling memberi umpan balik, dan tatap muka daring, rekan-rekan CGP terlihat antusian dan gembira mengikuti kegiatan ini. 

Findings ⟮Pembelajaran⟯: 

Sebelum mengetahui tentang inkuiri apresiatif, saya memandang sesuatu dari sudut pandang masalah, kesalahan, dan kekurangan, sehingga saya hanya mencari solusi dari masalah, mencari siapa yang salah, dan mengapa terjadi kesalahan. Dengan mempelajari Inkuiri Apresiatif, sudut pandang saya berubah. Saya bisa melihat sesuatu dari kekuatan yang dimiliki, sehingga fokus saya adalah menggabungkan dan mengembangkan kekuatan sehingga menjadi kekuatan tertinggi untuk mencapai visi bersama

Future ⟮Penerapan⟯: 

Untuk menindaklanjuti refleksi ini, saya membutuhkan dukungan dari semua warga sekolah dalam bentuk dukungan moral, motivasi, maupun partisipasi aktif dalam kegiatan. Perubahan kecil yang bisa saya kerjakan terlebih dahulu adalah mengubah pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan, menarik, sekaligus menantang siswa berpikir kritis dan kreatif. Setelah mampu melakukan perubahan di kelas, saya akan melakukan perubahan di lingkungan sekolah. Hal baru yang dapat saya bagikan kepada rekan adalah inkuiri apresiatif. Saya memiliki pemahaman bagaimana melihat siswa dari sudut pandang kekuatan yang dimiliki, membuat prakarsa perubahan, kemudian mengembangkannya berdasarkan tahapan BAGJA.

Demikian materi terkait dengan Jurnal Minggu ke tujuh Calon Guru Penggerak angkatan 4.Semoga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber referensi bagi rekan guru sekalian.

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu ke Tujuh CGP Tentang Kekuatan Visi Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel