Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional Modul 2.2 CGP

 Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional

Sebagai pendidik, Anda tentu pernah berada dalam suatu peristiwa yang  membuat Anda merasakan emosi-emosi positif, misalnya optimis, senang, cinta, bahagia, atau takjub, dan sebagainya. Refleksikan:

  1. Apa kejadiannya?  (Kapan, di mana, siapa yang terlibat, bagaimana kejadiannya, apa yang membuat Anda memilih  merefleksikan peristiwa tersebut?) 
  2. Apa peran Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk merespon dan mengelola emosi tersebut? 
  3. Bagaimana peristiwa tersebut berdampak pada diri Anda sebagai pendidik?

a. Saat murid saya menjadi juara 1 lomba LCC Tingkat Kecamatan pada tahun 2015 yang lalu.Saya selaku wali kelas 5 diberi tanggungjawab untuk melatih anak untuk mengikuti lomba LCC.Aanak didik saya kurang percaya diri saat mengikuti lomba karena kami berasal dari SD pinggiran ujung perbatasan dengan kabupaten lain.Tanpa di sangka anak didik saya bisa menjuarai LCC tingkat kecamatan menjadi juara 1.

Saya memilih momen ini karena bagi saya pengalaman yang tidak akan terlupakan sepanjang hayat saya menjadi seorang guru.Karena ini merupakan sebuah kebanggaan bagi anak didik saya,sekolah,kepala sekolah serta saya pribadi.

b. Peran saya adalah pembimbing dan pendamping anak didik dalam mengikuti lomba.Rasa senang bahagia dan terharu muncul dari dalam diri saya ketika anak didik saya berhasil menjadi juara.

c. Peristiwa ini menjadi motivasi bagi saya sebagai seorang guru untuk terus belajar dan belajar menambah penegtahuan serta dijadikan sebagai refleksi bagi saya yang masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki kedepannya.

2. Saat menjadi pendidik, Anda tentu juga pernah berada dalam suatu peristiwa yang memicu emosi-emosi negatif misalnya marah,  sedih, kecewa,  menyesal, khawatir, dan sebagainya. Refleksikan:

  1. Apa kejadiannya?  (Kapan, di mana, siapa yang terlibat, bagaimana kejadiannya, apa yang membuat Anda  memilih  merefleksikan peristiwa tersebut?) 
  2. Apa peran Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk merespon dan mengelola emosi tersebut? 
  3. Bagaimana peristiwa tersebut berdampak pada diri Anda sebagai pendidik?

a. Saya anak didik saya diajarkan pembagian bersusun satu kelas dari 24 anak yang bisa hanya 2 anak.Peristiwa ini terjadi di kelas 6 yang saat ini saya ajar.Saya memilih persitiwa ini karena memang rata-rata muatan pelajaran matematika menjadi pelajaran yang masih sulit bagi anak didik terutama anak - anak yang tinggal di desa.

b. Peran saya sebagai guru kelas.Saya harus tetap sabar dan optimis dengan kemampuan anak didik saya.Saya percaya bahwa mereka sebenarnya mampu untuk menguasai.Hanya saja mungkin ketika saya menjelaskan kepada anak-anak lebih diperdalam lagi dan diulang-ulang sampai mereka bener-benar paham tentang perhitungan pembagian bersusun.

c. Dampak bagi saya adalah sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang lebih baik lagi serta bisa saya gunakan sebagai dasar pemetaan akan kebutuhan anak.


Di bawah ini ada beragam kegiatan belajar dan mengajar di kelas maupun lingkup sekolah. Berilah tanda cek (✓) pada kegiatan yang sudah pernah Anda lakukan dan jawablah pertanyaan di bawahnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Herman Suherman
Herman Suherman saya seorang blogger

Posting Komentar untuk " Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional Modul 2.2 CGP"