Jurnal refleksi minggu 11 Modul 2.1.a.10.3 Model DEAL

Jurnal refleksi minggu 11 Modul 2.1.a.10.3 ini menggunakan model 2: Description, Examinayion, and Articulation of Learning (DEAL). Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). Untuk membuat refleksi model ini, Calon Guru Penggerak (CGP) menuliskan penjabaran dari pertanyaan panduan berikut:

Description. Mendeskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana);

Examination. Menganalisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya;

Articulation of Learning. Menjelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang

Pada minggu kesebelas ini, CGP belajar tentang Pembelajaran Berdiferensiasi melalui LMS Modul 2.1. Dalam materi ini, CGP terlebih dahulu melanjutkan belajar materi sebelumnya. Setelah mendalami materi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi, CGP diberikan kesempatan untuk membuat daftar pertanyaan yang di isi lewat LMS.Kemudian CGP melakukan kegiatan elaborasi dengan instruktur melalui gmeet.

Dalam melakukan sintesis materi, CGP bekerja secara mandiri. Sedangkan saat aksi nyata, CGP berkolaborasi dengan sesama CGP dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi. CGP melakukan sintesis antar materi untuk menemukan keterkaitan dari materi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Sementara pada bagian Aksi Nyata, CGP membutuhkan upaya ekstra keras untuk bisa menyusun RPP Berdiferensiasi.

CGP tidak mengalami kesulitan dalam menyusun keterkaitan antar materi yang telah dipelajari. Hal ini karena dalam proses pembelajaran daring, CGP telah menentukan pokok-pokok materi yang dipelajari dalam setiap modul. Hal ini sebagai hasil belajar dari pengalaman sebelumnya saat masih awal mengikuti program ini. Sementara dalam pelaksanaan Aksi Nyata, CGP berusaha memadukan RPP yang sudah ada dengan menambahkan diferensiasi. 

jurnal refleksi minggu 11 CGP


Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun pada dasarnya sama dengan penyusunan RPP seperti biasa, tetapi kendala tetap ada. Pengalaman menulis RPP sebelumnya hanyalah dasar. Pengembangannya membutuhkan waktu lebih untuk mempelajari lebih lanjut. Kendala terutama dalam melakukan pemetaan kebutuhan peserta didik dan menyusun langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Pada sesi latihan ini, RPP berdiferensiasi yang disusun masih belum menampakkan masalah yang dihadapi murid.

Memasuki bagian koneksi antar materi dan aksi nyata ada pembelajaran di dalamnya. Terutama bahwa dalam menentukan aspek diferensiasi CGP harus menyiapkan terlebih dahulu pemetaan kebutuhan murid. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan bentuk diferensiasi yang akan dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran. Ke depannya rencana perbaikan yang akan dilakukan terkait pemilihan aspek diferensiasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan murid.

Herman Suherman saya seorang blogger

Belum ada Komentar untuk "Jurnal refleksi minggu 11 Modul 2.1.a.10.3 Model DEAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel