Contoh 3 Pertanyaan Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan Dilema Etika dan Bujukan Moral

Bapak/ibu Calon Guru Penggerak(CGP) ,membuat pertanyaan terkadang membuat kita juga membutuhkan waktu untuk berpikir.Karena membuat sebuah pertanyaan yang baik dan benar terkadang juga membuat kita mengalami kesulitan,apalagi terkait dengan materi yang saya anggap masih belummenguasai sepenuhnya.Jadi kita membuat sebuah pertanyaan juga kesulitan.

Berikut ini beberapa pertanyaa yang sudah saya siapkan untuk kegiatan modul 3.1 terkait dengan 4 paradigma pengambilan keputusan,3 prinsip pengambilan keputusan serta 9 langkah dalam pengujian pengambilan sebuah keputusan.

3 Pertanyaan PEngambilan Keputusan Paradigma dan prinsip pengambil keputusan


Bapak/ibu CGP juga bisa melakukan edit pertanyaa jika masih kurang sesuai bahasanya.Silahkan bapak/ibu Guru CGP juga bisa mencoba menjawab pertanyaa-pertanyaan di bawah ini.

3 Pertanyaan-pertanyaan tentang Dilema Etika atau Bujukan Moral Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas.

  1. Dilema Etika dan Bujukan moral pasti ada dalam sebuah sistem pendidikan saat ini.Sebenarnya siapakah yang paling dimintai pertanggung jawaban terkait keputusan-keputusan dilema etika dan bujukan moral tersebut?
  2. Terkadang guru sering menghadapi dilema etika antara keluarga dan sekolah.Bagaimana cara guru mengambil keputusan agar guru tetap profesional dalam menjalankan tugasnya?
  3. Dalam kasus yang termasuk bujukan moral (benar atau salah) hati nurani ingin memilih yang benar tetapi sistem memaksa kita untuk memilih yang salah, bagaimana cara kita agar bisa konsisten memilih yang benar tanpa melawan sistem yang ada?
3 Pertanyaan-pertanyaan tentang 4 Paradigma Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas.

  1. Apa pentingnya mengidentifikasi paradigma pada sebuah pengambilan keputusan?
  2. Dapatkah satu masalah menyangkut beberapa paradigma? Jika ya, maka bagaimana penyelesaiannya?
  3. Bolehkah melibatkan pihak lain dalam membantu penyelesaian kasus di luar suatu lokasi permasalahan? Misalnya permasalahan terjadi di sekolah, namun kita meminta bantuan di rumah dengan anggota keluarga kita?
3 Pertanyaan-pertanyaan tentang 3 Prinsip Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas.
  1. Apakah dibenarkan ketika kita ingin mengambil keputusan, menggunakan lebih dari satu prinsip dalam pengambilan keputusan ?
  2. Pada prinsip Rule Based-Thinking, kadang pengambilan keputusan tersebut merugikan atau berdampak negatif pada sekelompok orang, karena peraturan tersebut kadang ada kelemahan atau kesalahan, bagaimana prinsip ini bisa digunakan untuk mengambil sebuah keputusan?
  3. Dalam pengambilan keputusan, bagaimana caranya memilih prinsip pengambilan keputusan yang sesuai?

3 Pertanyaan-pertanyaan tentang 9 langkah pengujian Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas.
  1. Apakah semua tahapan tersebut harus dilakukan semua dalam proses pengambilan keputusan?
  2. Mengapa disebut investigasi-opsi trilemma?
  3. Jika menerapkan 9 langkah tersebut, apakah dapat dipastikan bahwa keputusan yang diambil akan bisa mengakomodasi semua pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah? Mengapa?
3 Pertanyaan-pertanyaan umum terkait dengan Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas.
  1. Bagaimana Modul 3.1 ini telah membantu dan memperkaya keterampilan Anda dalam pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran?
  2. Adakah yang berubah, atau adakah hal-hal baru, atau hal mengganjal yang masih Anda pikirkan setelah mempelajari modul ini?
  3. Untuk membantu Anda agar dapat mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, apa yang akan Anda terapkan?
Demikian materi terkait dengan modul 3.1 contoh daftar membuat pertanyaan tentang pengambilan sebuah keputusan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Semoga bisa bermanfaat bagi rekan guru sekalian.
Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh 3 Pertanyaan Modul 3.1 Tentang Pengambilan Keputusan Dilema Etika dan Bujukan Moral"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel