Contoh Soal Post Tes Modul 2 .3.C CGP

Berikut ini adalah contoh soal post tes akhir kegiatan Modul 2 di LMS CGP angkatan 4.Pada soal post ini terdiri dari 15 soal yang berkaitan dengan pembelajaran diferensiasi,Keterampilan Sosial Emosional dan kegiatan Coaching.

Bagi rekan guru bisa membaca terlebih dahulu soal-soal di bawah ini dan emncoba mencari jawaban di modul atau membuka google untuk emndapatkan sumber referensi yang baik dan benar agar memudahkan rekan guru bisa memahami setiap konsep.

1. Di antara pernyataan tentang pembelajaran berdiferensiasi berikut ini, manakah yang menurut Anda paling tepat?

Select one:

a.Pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan setelah guru menyelesaikan semua cakupan materi yang ada dalam standar kurikulum.

b.Pembelajaran berdiferensiasi harus merupakan respon atas masalah yang muncul dalam pembelajaran.

c.Pembelajaran berdiferensiasi diimplementasikan untuk mengakomodasi kebutuhan murid-murid yang tingkat pemahamannya “tinggi” dan “rendah”.

d.Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan tujuan menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

e.Pembelajaran berdiferensiasi mengharuskan guru untuk menyesuaikan standar kurikulum dengan tingkat kemampuan murid.

2. Di dalam suatu kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, murid-murid di kelas Anda akan ….

Select one:

a.lebih sedikit menerima instruksi yang diberikan guru dalam kelompok kecil

b.lebih sedikit menerima manfaat instruksi yang diberikan dalam kelompok kecil

c.lebih sedikit menerima manfaat instruksi yang diberikan dalam kelompok besar

d.lebih sedikit menerima instruksi yang diberikan guru secara langsung dalam kelompok besar

e.lebih sedikit melakukan kerja kelompok kolaboratif

3. Pak Habibie adalah guru IPS Kelas 3 SMP. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai murid-muridnya adalah: Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan. Ia kemudian meminta murid-muridnya menunjukkan hasil analisis mereka dengan menggunakan berbagai cara dan media yang dapat mereka pilih sendiri. Murid juga diperbolehkan memilih aspek sosial budaya yang ingin mereka analisis. Menurut Anda, perspektif kebutuhan murid manakah yang diakomodasi dalam rencana pembelajaran yang dibuat oleh Pak Habibie adalah ….

Select one:

a.profil belajar murid

b.kesiapan belajar murid

c.minat dan kesiapan belajar murid

d.profil belajar dan kesiapan belajar murid

e.minat dan profil belajar murid

4. Ibu Dian mengajar bahasa Indonesia SMP Kelas 7. Ia memiliki 25 orang murid. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh murid-muridnya adalah menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual. Sebagai penilaian sumatif, murid-murid diminta untuk membuat sebuah pertunjukan yaitu mereka harus menceritakan kembali sebuah cerita narasi. Setelah siswa ditugaskan membaca cerita narasi yang telah ditentukan, Bu Dian lalu memberikan pilihan apakah murid ingin bekerja dalam kelompok atau secara individual. Bu Dian juga membiarkan mereka memilih bentuk penyajian yang mereka inginkan (puisi, drama, lagu, dan lain-lain). Ibu Dian lalu berdiskusi dengan murid untuk merancang rubrik penilaiannya. Semua aspek yang diharapkan dapat dikuasai dan ditunjukkan oleh murid (sesuai kompetensi dasar) dijadikan kriteria dalam rubriknya tersebut. Ibu Dian juga menetapkan batas waktu untuk penyelesaian tugas ini. Dari deskripsi yang disampaikan di atas, strategi diferensiasi diimplementasikan oleh Bu Dian adalah….

Select one:

a.diferensiasi konten, proses dan produk

b.diferensiasi konten dan produk

c.diferensiasi proses dan produk

d.diferensiasi konten dan proses

e.diferensiasi produk

5. Ibu Raras adalah seorang guru kelas 1 SMA. Bima adalah salah satu siswa di kelasnya yang sering sekali tertidur pada saat ia mengajar. Ia lalu memutuskan untuk berbicara dari hati ke hati dengan Bima. Dari pembicaraan tersebut, dia mengetahui bahwa setiap malam Bima harus membantu Ibunya menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak oleh Ibunya, untuk dijual esok pagi. Bima sendiri sebenarnya sudah merasa tidak enak dan ingin berhenti saja dari sekolah untuk bisa fokus membantu ibunya. Bu Raras pun berusaha untuk membimbing dan menyemangati Bima agar tidak berhenti sekolah. Ia menunjukkan pada Bima bahwa sebenarnya ia sangat baik dalam pelajaran seni dan olahraga, serta sangat terampil dalam mengurus kegiatan-kegiatan OSIS.

Berdasarkan cerita di atas, tindakan yang dapat Bu Raras lakukan untuk membangun daya lenting Bima, sesuai dengan perspektif pembelajaran sosial emosional adalah ….

Select one:

a.mengingatkan Bima akan sumber kekuatan dalam diri, dari sekitarnya maupun yang diyakini dapat ia lakukan untuk bangkit dari kesulitan.

b.berdiskusi dengan Ibunya Bima, agar dapat memperoleh solusi untuk pendidikan Bima serta keadaan ekonomi keluarganya.

c.memberikan pendampingan psikologis kepada Bima hingga ia memperoleh sumber dana yang dibutuhkan.

d.secara berkala melakukan supervisi untuk kedisiplinan Bima selama di kelas hingga ia memperoleh kesempatan beasiswa.

e.mengajukan proposal bantuan kepada pihak sekolah bagi siswa yang tidak mampu.menghimpun dukungan moril dan psikologis dari orangtua murid lain untuk bantu Bima.

6. Pak Bagas adalah guru pembina OSIS. Pada suatu hari ada kejadian yaitu bendahara OSIS (Anita) tidak sengaja menghilangkan uang kas OSIS sebesar Rp100.000,00. Pak Bagas kemudian mengajak bicara baik-baik Anita tentang hal ini. Ia mengingatkan Anita bahwa sebagai bendahara, ia bertanggung jawab untuk menjaga uang kas OSIS sebaik-baiknya. Ia juga menanyakan Anita, cara apa yang sebaiknya dilakukan oleh Anita untuk mengganti uang tersebut. Setelah berdiskusi, akhirnya Anita mengusulkan untuk mengganti uang yang hilang tersebut dari uang jajannya dengan mencicil selama 1 bulan. Pak Bagas menyetujui usulan tersebut, dan mengingatkan Anita bahwa usulan tersebut berarti akan membuatnya mengurangi jatah jajannya setiap hari. Akhirnya Anita berhasil mengganti uang tersebut. Tindakan Pak Bagas adalah contoh penerapan pembelajaran sosial emosional yang tepat, karena….

Select one:

a.membimbing murid untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

b.bersedia mendampingi serta membimbing murid menghadapi pihak yang merasa dirugikan

c.proaktif mengajak murid bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri

d.bersedia membicarakan permasalahan yang terjadi dengan kepala dingin dan diskusi terbuka untuk memperoleh kesepakatan bersama.

e.berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan integritas, dan memberi contoh dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

7. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran penuh (mindfulness) adalah dengan ….

Select one:

a.menikmati alur cerita dalam bacaan dengan seksama

b.mengingat kembali kesalahan di masa lalu

c.menikmati pemandangan sambil membiarkan pikiran mengembara dengan bebas

d.membagikan keluh kesah di media sosial secara rutin

e.menikmati alunan musik sambil bekerja

8. Pak Doni adalah seorang guru Fisika kelas 9 SMP. Beliau menyadari bahwa mata pelajaran Fisika membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk memahami materinya, sementara terkadang kondisi siswa cukup sulit dikendalikan. Untuk itu, hal yang bisa dilakukan Pak Doni sebelum memulai mengajar adalah ….

Select one:

a.tidak masuk ke kelas dulu dan minum air putih sebelum siswa tenang.

b.mengamati kelas, menandai siswa yang cukup aktif di kelas dan masih fokus dengan teman-teman lainnya, kemudian memulai kelas dengan berbicara keras agar siswa diam dan tenang.

c.bersikap tenang dengan melakukan teknik pernapasan sejenak sebelum mengajar.

d.masuk ke kelas bagaimanapun kondisinya dan langsung mengajar.

e.bersikap tegas dan mengancam siswa untuk diam serta menyimak materi yang diajarkan.

9. Seorang murid sudah beberapa kali datang terlambat ke sekolah. Sebagai guru yang berperan sebagai coach, pertanyaan apakah yang akan ia berikan kepada murid tersebut?

Select one:

a.Agar tidak terlambat, upaya-upaya apa saja yang telah kamu lakukan?

b.Apakah kamu memiliki masalah di rumah sehingga sering terlambat?

c.Mengapa kamu selalu datang terlambat?

d.Kamu melakukan aktivitas apa saja setiap malam sehingga membuat kamu lelah dan terlambat sekolah?

e.Ketika kamu sering terlambat, kira-kira siapa yang akan merasa rugi?

10. Seorang murid menemui kesulitan ketika mengerjakan sebuah soal. Ketika ia menemui guru, guru tersebut membagi dan mengajarkan cara cepat dan tepat bagi siswa untuk menyelesaikan sebuah soal tersebut. Peran apakah yang saat itu dilakukan oleh guru tersebut?

Select one:

a.coach

b.konselor

c.fasilitator

d.instruktur

e.mentor

11. Manakah pernyataan yang bukan merupakan unsur utama dari prinsip komunikasi yang memberdayakan?

Select one:

a.rasa percaya diri

b.bertujuan menuntun para pihak untuk optimalisasi potensi

c.rencana tindak lanjut atau aksi

d.hubungan saling percaya

e.menggunakan data yang benar dalam komunikasi

12. Manakah pernyataan dibawah ini yang tidak tepat untuk menggambarkan kata “mendengarkan”...

Select one:

a.Sebuah aktivitas yang memperhatikan bahasa lisan dan bahasa tubuh.

b.Sebuah aktivitas yang memiliki tujuan khusus.

c.Sebuah aktivitas saraf pendengaran karena stimuli eksternal seketika,

d.Sebuah aktivitas yang memerlukan konsentrasi pada cerita.

e.Sebuah aktivitas yang memperhatikan bahasa lisan.

Pilihlah Istilah yang tepat untuk definisi Berikut :

13 Bentuk kemitraan bersama murid untuk memaksimalkan potensi pribadi yang dimilikinya melalui proses yang menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran dan proses kreatif

coaching

14. Suatu teknik pembelajaran di mana murid diberikan sejumlah bantuan, kemudian perlahan-lahan diadakan pengurangan terhadap bantuan tersebut hingga pada akhirnya, murid dapat menunjukkan kemandirian yang lebih besar dalam proses pembelajaran

scaffholding

15. Kemampuan untuk mengenali dan memahami serta ikut merasakan perasaan-emosi orang lain sehingga dapat melihat perspektif sudut pandang orang lain

empati

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Post Tes Modul 2 .3.C CGP "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel