Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Minggu Ke 22 Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Jurnal Refleksi Minggu Ke 22 Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Minggu ini adalah minggu ke-22 yang merupakan Minggu akhir dalam mempelajari modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Pada Kesempatan ini, saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Minggu ke-22 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4. Model yang digunakan dalam penulisan jurnal kali ini adalah model 7 yaitu Segitiga Refleksi.

Segitiga puncak, segitiga hijau (kemampuan setelah belajar) : Setelah pembelajaran minggu ini, akhirnya saya mampu mengidentifikasi aset/kekuatan yang ada didaerah dan sekolah dengan memetakan segala sumber daya yang ada serta mengidentifikasi strategi pemanfaatannya secara efektif. Selain itu pembelajaran minggu ini mampu mengubah pola pikir saya dari pendekatan berbasis kekurangan/masalah menjadi pola pikir pendekatan berbasis aset/kekuatan.

Jurnal Reflkesi Minggu Ke 22


Segitiga bawah kiri, segitiga kuning (yang dipahami setelah belajar) : Saya akhirnya memahami bahwa Sekolah sebagai sebuah ekosistem yang terdiri atas unsur biotik dan abiotik. Unsur biotik diantaranya Murid, Kepala Sekolah, Guru, Staf/Tenaga Kependidikan, Pengawas Sekolah, Orang Tua, Masyarakat sekitar sekolah sedangkan unsur abiotik diantaranya Sarana dan prasarana maupun Keuangan sekolah. Dalam pengelolaan sekolah ada 2 pendekatan yaitu pendekatan berbasis aset/kekuatan dan pendekatan berbasis masalah/kekurangan. Penerapan pendekatan berbasis aset akan memungkinkan sekolah untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk mewujudkan pendidikan ke arah yang lebih baik. Adapun 7 aset / modal utama sumber daya yang ada di sekolah diantaranya Modal Manusia, Modal Sosial, Modal Fisik, Modal Lingkungan/Alam, Modal Finansial, Modal Politik, Modal Agama dan Budaya.

Segitiga bawah kanan, segitiga merah (perasaan setelah belajar): Saya merasa semakin antusias, termotivasi dan merasa makin tertantang untuk mempelajari lebih mendalam tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, sehingga nantinya dapat diterapkan secara konsisten khususnya dalam pengelolaan pembelajaran di kelas/sekolah.



Segitiga tengah, segitiga biru (target setelah belajar) : Setelah melakukan pembelajaran minggu ini, target saya berikutnya adalah menerapkan ilmu yang diperoleh untuk dapat mengidentifikasi dan memetakan aset/kekuatan yang ada di daerah dan di sekolah serta memanfaatkan 7 aset tersebut untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Julichan Saputro
Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu Ke 22 Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"