Modul 3.2.a.3 Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

1. Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?

Kita menjadi guru pasti selalu bertemu dengan berbagai tipe pemimpin yang berbeda - beda , mereka memiliki gaya memimpin yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Berikut ini beberapa sosok pemimpin yang pasti semua guru pernah  mengalami :

- Pemimpin yang menyerahkan segala urusan kepada anak buahnya. Beliau turun tangan jika ada permasalahan, jika tidak ada permasalahan lebih cenderung diam, yang penting segala urusan lancar. Tipe pemimpin seperti ini menganggap bahwa para pendidik bukan lagi waktu diatur dan diberikan arahan, namun pendidik memiliki usia yang sudah bisa melaksanakan kewajibannya dan diberikan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

- Pemimpin yang visoner. Pemimpin yang segala sesuatu harus memiliki yujuan yang jelas dan harus tercapai. Pemimpin seperti ini sudah memiliki gambaran untuk melakukan apa dan apa yang harus dilakukan anak buah kedepannya, selalu melibatkan banyak orang dalam melaksanakan semua program. Sosok pemimpin seperti ini lebih peka terhadap permaslahan yang terjadi.

modul 3.2.a.3


- Sosok pemimpin yang otoriter. Segala kebijakan harus menurut dia. Anak buah hanya pelaksana tidak punya hak untuk membuat kebijakan dan aturan. Pusat penentu adalah pemimpin, gerak langkah dan pola pikir mengikuti apa yang diinstruksikan sosok peimpin ini.

2. Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?

Sosok pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu menggerakkan orang lain untuk bergerak, bersinergis merealisasikan visi misi yang telah dibuat. Mereka selalu mengakomodir setiap aspirasi dari anak buah dan selanjutnya mampu memunculkan ide kreatif dan inovatif untuk untuk memajukan institusi yang dipimpinnya. Mereka memiliki pandangan yang tidak hanya berkutik di tempat akan tetapi sudah beberapa langkah maju ke depan dengan pedoman yang telah dipegang sebagai panduan dalam melakukan suatu kebijakan. Pemimpin ideal akan berusaha untuk mengenal lebih dalam tentang karakter yang dimiliki anak buahnya. Perbedaan karakter akan membantu pemimpin untuk memaksimalkan tugas, fungsi dan peran anak buahnya serta membantu pemimpin memilah dan memilih tindakan apa yang cocok terhadap anggotanya.

Tugas seorang pemimpin yaitu pertama harus mengusung visi yang jelas. Mengarahkan arah jalan/tujuan jelas yang akan dicapai bersama, kedua memberikan mampu memberikan pengaruh positif pada seluruh orang yang dipimpin sebagai dasar dalam memaksimalkan keberagaman, ketiga, pemimpin selalu memegang teguh akan komitmen dari sebuah proses yang akan, sedang dan telah dilakukan. Keberhasilan kepemimpinan dapat diraih jika pemimpin dapat menghadapi dan melangkahi setiap duri yang menghalangi langkahnya untuk mencapai sebuah tujuan.  

3. Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu?  Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidul dengan lingkungannya. Jika dihubungkan dengan ekosistem sekolah bahwa lingkungan sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, murid, penjaga sekolah yang saling memiliki hubungan timbal balik. Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah antara lain sumber daya yang ada didalamnya sebagai aset baik kepala sekolah, guru, murid, dan warga sekolah yang lain serta alam sekitar dan masyarakat sekitar. 

4. Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah?  Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?

Pemimpin dalam mengelola sumber daya memiliki peran peran aktif untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran dan keberlangsungan sekolah mulai dari perencanaan, organizing, actuating, pengawasan, pengambilan keputusan dan menjadi motivator untuk memajukan dan memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah.  

Sumber daya yang dimiliki sekolah meliputi : Visi Misi Sekolah, Kurikulum, Program Kerja Sekolah, Keuangan, Kualitas Guru, Kualitas Peserta Didik, Kepemimpinan, Sarana, Prasarana Pendidikan dan Media Belajar, Penataan lingkungan sekolah, serta Lokasi strategis sekolah

5. Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

posisi diri saya dalam ekosistem sekolah, sedikit banyak memiliki pengaruh, karena selain mengajar, saya juga mendapat tugas tambahan sebagai pembina osis yang bersama siswa, merancang dan melaksanakan program kerja yang kami susun, saya juga berkolaborasi bersama wali kelas, rekan guru untuk merealisasikan program sekolah yang harapannya mampu mengoptimalkan potensi murid. kekuatan yang saya miliki yaitu saya terbuka terhadap masukan dari rekan sejawat untuk perbaikan baik diri saya maupun program yang saya jalankan. kelemahan saya yaitu, saya belum mampu untuk menggerakan semua rekan kerja untuk bergerak mengikuti perkembangan yang ada karena adanya perbedaan visi dan sudut pandang

6. Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Harapan untuk diri sendiri sebagai seorang pendidik adalah bisa menjadi pemimpin pembelajaran khususnya dan membrikan impact positif kepada lingkungan 

sebagai seorang pemimpin bisa dijadikan contoh atau sebagai role model dan juga brmanfaat bagi lingkungan baik sekolah,masayarakat 

Harapan untuk murid mnjadi lebih merdeka baik belajarnya maupun kbbasan brpndapat ,hubungan sosial dan prestasinya 

Harapan untuk sekolah tentunya mnjadi kepercayaan masayarakat dimana sekolah merupakan tempat bermain dan belajar yang nyaman untuk anak - anak yang mrupakan tempat tidak hanya transfer ilmu namun pmbntuk karakter 

7. Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Materi yang diharapkan:

a.   Cara pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah secara efektif

b.   Strategi pengelolaan sumber daya

c.   Cara membuat pemetaan sumber daya yang ada di sekolah

d.   Cara menganalisis potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah.

Manfaat:

a.  Memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya.

b.  Dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

c.   dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya dan dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Belum ada Komentar untuk "Modul 3.2.a.3 Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel