Tugas Modul 3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Tugas Modul 3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Sebuah ekosistem di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan sekolah serta mewujudkan sebuah visi dan misi sekolah.Peran seorang pemimpin sangat penting dan di butuhkan sebuah ide kreatif dan kerja keras untuk  bisa memanfaatkan semaksimal mungkin sebuah Sumber Daya di sekolah baik Sumber daya manusia maupun Sumber daya Alam atau lingkungan sekitar sekolah.

Pada modul 3.2.a.3 ini kita akan belajar bagaimana ciri-ciri seorang pemimpin yang ideal,belajar bagaimana seorang pemimpin memetakan sebuah potensi Sumber Daya di sekolah,startegi memaksimalkan potensi di sekolah sebagai sebuah kekuatan bukan kelemahan.

modul 3.2.a.3 Pempin dalam pengelolaan Sumber Daya


Berikut ini adalah contoh tugas yang harus di ajwab oleh Calon Guru Penggerak(CGP) yang ada di modul 3.2.a.3 Mulai Dari Diri-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yang ada di sekolah.

1. Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?

Ketika saya menjadi CPNS tahun 2009 penempatan di SDN 4 Pelem Kecamatan Gabus,Kabupaten Grobogan saya masih ingat betul sosok seorang kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah yang begitu disiplin,ramah,bijaksana dan peduli,perhatian kepada teman-teman guru,perhatian tentang kemajuan sekolah serta perhatian kepada para siswa.Beliau sangat disiplin dalam berpakain,administrasi maupun di siplin waktu.Beliau selalu memberikan arahan dan bimbingan dengan sikap sopan santun dan jarang sekali marah kepada teman-teman guru yang terkadang membuat sebuah kesalahan.Hal yang paling saya ingat adalah seorang pemimpin yang tidak otoriter,tidak egois,tidak mudah marah.Beliau selalu mendengarkan masukan-masukan dari guru ketika mengambil sebuah keputusan yang penting.

2. Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?

Menurut saya sebagai seorang guru,pemimpin yang ideal adalah bagi saya adalah seorang pemimpin yang memiliki sikap seperti berikut:

1. Memiliki Integritas yang tinggi

2. Menginspirasi.Seorang pemimpin harus bisa menjadi tauladan bai bawahannya yaitu teman-teman guru

3. Mampu berkomunikasi dengan baik terhadap bawahannya

4. Kreatif dan Inovatif

5. Memiliki Kecerdasan secara Emosional,Pemimpin ideal mampu mengendalikan emosi dalam situasi segenting apa pun dan tetap tenang dalam menghadapi konflik yang terjadi. 

6. Transparansi atau memiliki keterbukaan

Tugas seorang pemimpin adalah memberikan arahan dan bimbingan terhadap bawahannya serta mewujudkan visi dan misi sekolah yang dia pimpin.

3. Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu?  Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem di sekolah terdiri dari 2 bagian yaitu faktor sumber daya Manusia (SDM)yaitu terdiri dari kepala sekolah,guru,penjaga sekolah,karyawan sekolah,peserta didik serta masyarakat sekitar.Kemudian faktor alam atau lingkungan sekitar terdiri dari infrastruktur(gedung sekolah),ruang kelas,sarana dan prasarana sekolah,alam sekitar sekolah serta kondisi geografis sekitar sekolah.

4. Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah?  Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?

Pemimpin dalam mengelola sumber daya memiliki peran peran aktif untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran dan keberlangsungan sekolah mulai dari perencanaan, pengewasan, pengambilan keputusan dan menjadi motivator untuk memajukan dan memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah demi mewujudkan sebuah visi dan misi sekolah.

Sumber daya yang dimiliki sekolah meliputi : Visi misi sekolah, Kurikulum, Program kerja sekolah, keuangan, Kualitas guru, Kualitas peserta didik, Kepemimpinan, Sarana, Prasarana pendidikan dan media belajar, Penataan lingkungan sekolah, serta Lokasi strategis sekolah.

5. Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

Saya seorang guru kelas SD memiliki peran aktif sebagai seorang guru bertugas merancang sebuah pembelajaran,mendidik anak di kelas,membimbing,memberikan arahan serta melakukan evaluasi dan refleksi dalam kegiatan pembelajaran.Selain itu tugas tambahan yang diberikan saya adalah sebagai bendahara sekolah serta tenaga Operator sekolah sebagai tim teknisi atau Proktor kegiatan ANBK kelas 5.Kekuatan yang saya miliki adalah saya seorang guru yang memiliki semangat kerja keras,memiliki kemauan untuk memajukan sekolah serta selalu aktif dalam kegiatan di sekolah dan kegiatan di luar sekolah seperti KKG.Kelemahan yang saya miliki adalah publik speaking.Saya masih belum percaya diri dan mampu untuk berbicara di depan orang banyak.Sehingga dalam komintas sekolah saya terkadang masih kesulitan untuk mengajak atau menggerakan  teman -teman guru dalam memajukan sekolah demi mewujudkan sebuah visi dan misi sekolah.Belum mampu menggerakan guru di sekolah untuk bisa aktif dan peduli terhadap kemajuan di sekolah.

6. Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri: Saya berharap mampu mengembangkan kekuatan yang saya miliki pada diri saya untuk memaksimalkan sumber daya alam di sekolah mampu membuat Strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan sumber daya yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan sebuah visi dan misi sekolah.

Murid: Saya berharap bisa memanfaatkan seluruh kekuatan Sumber daya yang ada di sekolah sebagai sarana untuk kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas agar murid bisa merasakan manfaat potensi Sumber daya yang adai di sekolah untuk menunjang sebuah pembelajaran yang berpihak kepada murid.

Sekolah: Sekolah mampu mengelola dan mengembangkan sebagai sebuah potensi yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan sebuah visi dan misi sekolah.

7. Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Materi yang saya harapkan dari modul 3.2 ini adalah:

  1. Bagaimana Cara kita pengelolaan sumber daya yang ada disekolah secara efektif
  2. Strategi pengelolaan sumber daya di sekolah
  3. Cara membuat pemetaan sumber daya yang ada di sekolah
  4. Cara menganalisis potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah.

Manfaat yang saya harapkan dari mempelajari modul 3.2 ini adalah

  1. Dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolah saya
  2. Dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
  3. dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolah dan dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

 Demikian sekilas contoh pertanyaan dan jawaban terkait dengan tugas mandiri modul 3.2.a.3 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.Semoga bapak/ibu guru CGP bisa mengambangkan potensi yang dimiliki sekolah serta bisa memanfaatkan semaksimal mungkin untuk perkembangan anak didik.

Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

2 Komentar untuk "Tugas Modul 3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"

  1. terima kasih pak, sangat membantu saya

    BalasHapus
  2. sama-sama pak,salam CGP angakatn 4 Kab.Grobogan Jawa Tengah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel