Contoh RPP Pembelajaran Diferensiasi Jenjang KB/PAUD Modul 2.2.a.10 Berbagi Aksi Nyata

Contoh RPP Pembelajaran Diferensiasi Jenjang KB/PAUD Modul 2.2.a.10 Berbagi Aksi Nyata

Diferensiasi atau pembedaan dalam pembelajaran sangat mungkin terjadi saat sebuah institusi pembelajaran seperti sekolah, pesantren, bimbingan belajar, dan lain-lain. Bahkan, diferensiasi pembelajaran adalah sebuah keharusan. Diferensiasi pembelajaran adalah sebuah bukti keadilan dalam pembelajaran dan pendidikan.

Diferensiasi dalam pembelajaran [differentiated instruction] adalah respon proaktif guru terhadap kebutuhan murid yang dibentuk oleh pola piker [mindset] dan dipandu oleh prinsip-prinsip umum diferensiasi yakni: sebuah lingkungan yang mendukung dan mendorong pembelajaran, kurikulum berkualitas, asesmen yang bermakna bagi pengajaran dan pembelajaran, instruksi atau pengajaran yang merespon perbedaan murid, kepemimpinan siswa dan manajemen rutin.

Diferensiasi dapat terjadi pada empat hal pokok: konten, proses, produk, dan lingkungan. Diferensiasi pada konten adalah pembedaan pada informasi dan ide yang mana siswa sedang berusaha untuk meraih tujuan pembelajaran. Diferensiasi pada proses adalah pembedaan pada bagaimana murid mengambil, memproses dan memahami konten. Diferensiasi pada produk adalah pembedaan pada bagaimana murid menunjukkan apa yang mereka ketahui, fahami, dan bisa lakukan. Diferensiasi pada lingkungan adalah pembedaan pada iklim atau suasana kelas.

Bapak ibu CGP bisa mengunduh Contoh RPP Pembelajaran Diferensiasi Jenjang KB/PAUD Modul 2.2.a.10 Berbagi Aksi Nyata melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Unduh Di Sini

Semoga contoh RPP Pembelajaran diferensiasi yang berkaitan dengan kontrol sosial emosinal guru ketika mengajar yang terkait dengan pembelajaran diferensiasi di atas bisa dijadikan salah satu rujukan bagi rekan guru yang lainnya.


Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Pembelajaran Diferensiasi Jenjang KB/PAUD Modul 2.2.a.10 Berbagi Aksi Nyata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel