Refleksi Terbimbing Modul 1.1.a.6. Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’

Pengetahuan yang saya dapatkan dari Modul yang ada pada MLS serta kegiatan Daring melalui googlemeet beserta Fasilitator adalah  Pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.

Guru diibaratkan sebagai seorang petani yang menanam jagung misalnya, hanya dapat menuntun tumbuhnya jagung, ia dapat memperbaiki kondisi tanah, memelihara tanaman, memberi pupuk dan air, membasmi ulat-ulat atau jamur-jamur yang mengganggu hidup tanaman.

Menerapkan Merdeka Belajar bagi murid serta menyesuaikan pembelajaran dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

Pengalama baru yang saya Dapat dari kegiatan Googlemeet untuk pemikiran KiHajar Dewantara membangun kerjasama dengan kelompok dalam menyusun kerangka pembelajaran sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara dan mengoptimalkan potensi yang ada di lingkungan sekolah masing-masing.Pembelajaran harus melibatkan salah satu dari 6 profil pelajar pancasila serta dan mengaitkan dengan kebudayaan yang ada di lingkungan sekitar.

Kekuatan atau model yang saya miliki untuk menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru adalah memiliki semangat untuk menjadi lebih baik,Dapat bekerja sama dalam penyelesaian tugas secara berkelompok sebagai cerminan sikap gotong royong.Mengembangkan potensi-potensi siswa, dalam bentuk diskusi.Menerima saran, masukan dan kritik yang sifatnya membangun sebagai dasar melakukan refleksi diri.

Hal yang perlu saya rubah dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru adalah Pola fikir dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa dan  pola pikir  dari mengajar ke menuntun.Pembelajaran dengan mengaplikasikan budaya lokal daerah seperti suda manda, dakon, sambatan dan lain-lain Menjadi teladan, fasilitator dan motivator bagi peserta didik dengan baik.

Merancang pembelajaran yang berbasis aktifitas dan pemecahan masalah secara kolaboratif sesama siswa serta mengaplikasikan dengan budaya lokal. Dalam pelaksanaan pembelajaran, saya akan menuntun mereka dalam melakukan aktifitas belajar baik di kelas maupun di luar kelas serta membimbing untuk memecahkan segala permasalahan secara kreatif, bergotong royong dan bekerja sama. 

Belum ada Komentar untuk "Refleksi Terbimbing Modul 1.1.a.6. Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel