Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?Modul 2.1.a.4 Eksplorasi Konsep

Soal Refleksi tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas modul 2.1.a.4 eksplorasi konsep:
  1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi!
  2. Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?
  3. Sebagai guru, apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita? Apa saja yang perlu dipertimbangkan?

Berikut ini beberapa pendapat rekan CGP untuk menjawab dari kegiatan refleksi mdoul 2.1.a.4  tentang eksplorasi konsep pembelajaran diferensiasi 

1. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. (Tomlinson, 2001). 

2. Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan murid agar pembelajaran yang kita lakukan bisa mengakomodir semua kebutuhan murid sesuai dengan kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar yang dimiliki oleh setiap murid, sehingga bisa mengoptimalkan potensi yang ada pada diri setiap murid. 

3. Untuk mengidentifikasi kebutuhan murid, kita sebagai guru dapat melakukan hal-hal berikut : mengamati perilaku murid-murid, mengidentifikasi pengetahuan awal yang dimiliki setiap murid, melakukan penilaian untuk menentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki murid pada saat ini untuk menentukan kebutuhan mereka selanjutnya, mendiskusikan kebutuhan murid dengan orang tuanya, mengamati murid saat beraktivitas di kelas, bertanya atau diskusi dengan murid tentang materi yang mereka inginkan, membaca raport murid pada kelas sebelumnya, membandingkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki murid,dsb, yang semua berdasarkan pada pertimbangan 3 aspek yaitu kesiapan belajar murid, minat murid, dan profil belajar murid.

alternatif jawaban yang lain:

1. Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid dengan memperhatikan kesiapan belajar, minat, serta profil belajar masing-masing siswa. 

2. Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid untuk bisa menentukan strategi, model, media, serta skenario pembelajaran yang efektif. 

3. Yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid adalah mengamati perilaku murid-murid, mengidentifikasi pengetahuan awal yang dimiliki setiap murid, melakukan penilaian untuk menentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki murid pada saat ini untuk menentukan kebutuhan mereka selanjutnya, mendiskusikan kebutuhan murid dengan orang tuanya, mengamati murid saat beraktivitas di kelas, bertanya atau diskusi dengan murid tentang materi yang mereka inginkan, membaca raport murid pada kelas sebelumnya, membandingkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki murid,dsb.

alternatif jawaban lainnya:

1. Pembelajaran berdiferensiasi adalah Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian kontek; strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah dipelajari; serta merujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi (content) materi. 

2. Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid karena dengan murid yang beragam maka kita harus melakukan strategi pembelajaran. Kita tidak mungkin menyamaratakan murid dengan latar belakang dan kemampuan yang tidak sama. 

3. Yang kita pertimbangkan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid adalah mengamati perilaku murid-murid mereka, mengidentifikasi pengetahuan awal yang dimiliki oleh murid terkait dengan topik yang akan dipelajari, melakukan penilaian.


Belum ada Komentar untuk "Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?Modul 2.1.a.4 Eksplorasi Konsep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel