Jawaban Modul 2.1 Refleksi Terbimbing Pembelajaran Diferensiasi

Sejauh ini Anda telah melalui setengah perjalanan Pembelajaran yang dipersyaratkan untuk modul ini. Proses pembelajaran yang akan Anda alami selanjutnya akan sangat bergantung pada bagaimana Anda melakukan refleksi dan membuat perbedaan baik dalam cara pandang maupun tindakan Anda sehari-hari sebagai pendidik di sekolah. Kami yakin, saat ini, walaupun Anda telah mendapatkan banyak pengetahuan baru, semakin banyak tantangan yang Anda hadapi dalam praktiknya. Jangan khawatirkan semua kesulitan tersebut. 

Mulailah mengimplementasikan pengetahuan Anda selangkah demi selangkah, sedikit demi sedikit. Tidak semua teori dapat Anda langsung terapkan. Anda mungkin perlu berhenti sejenak untuk mengamati semua fakta yang ada di depan Anda dan mengubahsuaikan pendekatan Anda.

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Sesi pembelajaran ini juga akan memberikan Anda kesempatan untuk melakukan konsultasi daring asinkron secara khusus. Mengapa secara khusus? Karena Anda akan melakukannya dalam kelompok kecil, sehingga Anda dapat membawa langsung permasalahan dalam konteks nyata yang dihadapi di sekolah Anda, untuk didiskusikan dengan fasilitator.

Perlu diperhatikan bahwa jawaban Anda hanya akan dapat diakses oleh fasilitator Anda, sehingga manfaatkanlah kesempatan ini untuk Anda mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan konteks nyata Anda sendiri.

Berikut ini adalah pertanyaan Reflektif yang harus Anda jawab:

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
  2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
  3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.
Berikut ini adalah contoh Jawaban dari pertanyaan di atas

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?dari yang sudah saya pelajari pembelajaran diferensiasi merupakan materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan dikelas saya yang terdiri dari siswa dengan karakteristik yang berbeda-beda. Namun dalam pelaksanaannya dibutuhkan pengetahuan dari guru itu sendiri dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi dikelasnya.baik dari segi metode mengajar maupun dalam melakukan penilaian terhadap siswa. Selain itu RPP juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. dengan menyusun rencana pembelajaran sesuai jadwal pertemuan maka akan memudahkan guru  dalam melaksanakan pembelajaran diferensiasi.
  2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?menurut saya yang sulit diterapkan adalah merancang pembelajaran diferensiasi untuk mapel matematika, Bagaimana dalam  mengelompokkan berdasar kan minat siswa dalam pembelajaran matematika, bagaimana melakukan penilaian terhadap siswa dengan kemampuan numerasi yang berbeda-beda.itu yang masih menjadi pertanyaan bagi saya sehingga saya merasa sulit menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
  3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut? Jika saya harus menerapkan hal yang sulit tersebut dukungan yang saya butuhkan adalah yang pertama menanamkan  motivasi pada diri sendiri, dan meyakini akan dapat menerapkan pembelajaran diferensiasi dengan baik secara bertahap.kedua dukungan dari kepala sekolah, dengan dukungan berupa fasilitas yg mendukung pembelajaran berdiferensiasi akan memberikan kelancaran dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Ketiga rekan sejawat, dengan kolaborasi bersama rekan sejawat sesama mapel Matematika di sekolah penggerak, bersama-sama menyusun RPP berdiferensiasi dan sharing kesulitan yang dihadapi sehingga menemukan solusi yang diharapkan. Keempat terus belajar dan menambah pengetahuan tentang cara-cara mengajar berdiferensiasi melalui pelatihan maupun browsing di internet
atau seperti di bawah ini

Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Pada modul 2.1 ini materi yang telah saya pelajari terkait dengan pembelajaran diferensiasi yang meliputi

  • Strategi dalam pembelajaran diferensiasi yaitu Diferensiasi Konten, Diferensiasi Proses, Dan Diferensiasi Produk
  • Lingkungan Belajar Pembelajaran Diferensiasi
  • Penilaian dalam Pembelajaran Diferensiasi
  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Diferensiasi

Materi tersebut di atas menjadi solusi bagi saya dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi. Permasalahan yang saya hadapi dalam implementasi tersebut adalah kurang pahamnya saya pada langkah-langkah yang harus saya lakukan sehingga hal ini menyebabkan pembelajaran diferensiasi tidak sesuai dengan prosedur. Seperti penyusunan RPP sebagai pedoman belum menerapkan pembelajaran diferensiasi sehingga pelaksanaan pembelajaran pun juga tidak sepenuhya diterapkan. Penilaian selama ini juga menyamaratakan semua murid jadi belum menerapkan penilaian yang berdiferensiasi

2.        Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Dalam pengimplementasian pembelajaran diferensiasi yang mengalami kesulitan adalah pada bagian penilaian yang berdiferensiasi. Hal ini membutuhkan suatu komitmen dalam pelaksanaan dan penentuan tingkat ketuntasan yang harus adil bagi murid.

3.        Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

  • Adanya pelatihan terkait dengan penyusunan instrumen penilaian berdiferensiasi. Hal ini dapat diadakan seperti workshop atau in house training. Di sekolah untuk bersinergi dengan wakil kepala sekolah kurikulum dan ketenagaan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.
  • Di samping itu juga akan melakukan secara searching atau browsing melalui internet.
  • Mengikuti forum berbagi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari rekan-rekan seprofesi.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Modul 2.1 Refleksi Terbimbing Pembelajaran Diferensiasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel