Refleksi Hari ke 3 Pembekalan CPP modul 1.3 Angkatan 10

 Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.3?

Calon Guru Penggerak mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif.Saya harus lebih menegtahui potensi atau keunggulan dari saya sendiri untuk menumbuhkembangkan kekuatan yang saya miliki sebagai modal dasar untuk mewujudkan sebuah visi di sekolah.
Refleksi pembekalan CPP Hari ke 3



Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Melakukan kegiatan refleksi disetiap akhir kegiatan

melakukan evaluasi dan tindak lanjut untuk persiapan kegiatan kedepannya menjadi lebih baik lagi.Kemudian Untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP perlu dilakukan persamaan tentang pemahaman peran dan alasan menjadi guru penggerak, nilai yang harus dimiliki ketika sudah lulus menjadi guru penggerak. Selain itu juga diperlukan peningkatan lingkar pengaruh dengan memberikan contoh praktik baik pembelajaran

Alternatif Kegiatan Refleksi Lainnya:

 Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.3?

Yang saya pelajari setelah melakukan aktivitas di modul 1.3 adalah Visi guru penggerak akan tercapai apabila visi tersebut terukur, konkret, dan dapat direncanakan secara sistematis. Oleh karena itu diperlukan suatu rancangan dengan manajemen perubahan yang disebut dengan inkuiri apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang telah ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah lebih baik. IA dituangkan dalam bentuk prakarsa perubahan dengan salah satu rancangannya yang disebut BAGJA. Tahapan BAGJA meliputi Buat pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi.

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.3?

Setelah mempelajari memahami dan mendiskusikan Bersama bisa merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuh kembangkan Profil Pelajar Pancasila pada murid murid. Mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif. Visi kemapuan untuk melihat pada inti persoalan, wawasan atau pandangan ke depan Contoh visi semakin berdaya dalam menyediakan dukungan yang diperlukan untuk menuntun kekuatan kodrat murid sebagai orang beriman dan mandiri Visi dapat memiliki fungsi untuk menentukan langkah ke depan, menginspirasi anggota, memotivasi anggota agar memberikan kontribusi yang maksimal. Oleh karena itu, rangkaian kata yang digunakan dalam sebuah visi harus ringkas dan jelas, umumnya hanya satu kalimat atau tidak lebih dari satu paragraf. Visi merupakan awal dari usaha untuk menggapai sesuatu yang kita impikan. Visi memberikan arah dan motivasi untuk meraih perubahan yang diimpikan atau dicita-citakan. 

Untuk mencapai hal tersebut  dapat menerapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA).  Prosesnya mengunakan BAGJA.  Lima tahapan utama yang dijalankan dalam akronim BAGJA tersebut adalah:

Buat pertanyaan utama.
Ambil Pelajaran.
Gali Mimpi bersama.
Jabarkan rencana untuk mencapai gambaran yang diinginkan.
Atur Eksekusi.
Bagja dapat mempermudah dalam mengenali potensi yang dimilikinya (kekuatannya). Membantu guru penggerak untuk memetakan kebutuhan program yang akan dieksekusi. Membantu pihak pimpinan / kepala sekolah dan pengawas serta pihak lainnya untuk melihat rencana aksi.

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP adalah 

1.  Mengajak CGP untuk menentukan visinya dalam rangka menuju prakarsa perubahan yang disesuaikan keadaan zaman dan kodrat.


2. Perumusan visi dengan menggunakan tahapan B A G J A.

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

1. Mendampingi CGP merefleksikan lingkungan belajar yang nyaman, seperti apa dukungan kepala sekolah dan teman sejawat.

2. mendampingi CGP merefleksikan perubahan, seperti apa perubahan perubahan yang sudah terjadi setelah mempelajari modul

3. mendampingi CGP merumuskan visi

4. mendampingi CGP dalam berbagi visi ke rekan sejawat/ komunitas belajarnya

Belum ada Komentar untuk "Refleksi Hari ke 3 Pembekalan CPP modul 1.3 Angkatan 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel