Refleksi Hari Ke Dua CPP Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.2?

Selama melakukan aktifitas pembelajaran bersama instruktur di modul 1.2 banyak sekali pelajaran yang diperoleh, antara lain :

  1. Agar dapat memberikan pendidikan, seorang guru perlu menguasai lima jenis ilmu.
  2. Bagian-bagian otak, yaitu otak luhur, otak primata, otak reptil, dan otak mamalia.
  3. Sistem berpikir cepat, dan lambat.
  4. Nilai Guru Penggerak, yaitu berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif.
  5. Peran Guru Penggerak,yaitu pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, pendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi.
  6. Lingkaran pengaruh.


Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP perlu dilakukan persamaan tentang pemahaman peran dan alasan menjadi guru penggerak, nilai yang harus dimiliki ketika sudah lulus menjadi guru penggerak. Selain itu juga diperlukan peningkatan lingkar pengaruh dengan memberikan contoh praktik baik pembelajaran.

Alternatif Jawaban Refleksi yang lainnya:

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.2?

Banyak hal yang saya peroleh selama melakukan aktivitas di modul 1.2 diantaranya guru penggerak memiliki nilai-nilai yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Sedangkan peran guru penggerak meliputi: menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi dan mewujudkankepemimpinan peserta didik. Nilai dan peran guru penggerak merupakan sebuah komitmen yang harus di pegang, dipedomani dan diterapkan oleh seorang guru penggerak. karena, didalamnya memuat kekuatan seorang guru dalam menerapkan filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan mewujudkan profil pelajar pancasila.

alternatif refleski lainnya:

Dalam melakukan aktifitas di modul 1.2 , banyak pelajaran yang diperoleh terutama dalam memaknai nilai dan peran guru penggerak. Saya semakin tersadarkan akan sebuah komitmen yang harus dijadikan pedoman dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. 

Dalam nilai mandiri seorang guru penggerak harus mampu secara motivasi internal memberikan perubahan pada diri dan lingkungan. Nilai Reflektif, guru penggerak mampu melakukan evaluasi diri bersedia menerima masukan yang membangun dan terus berkembang positif  meningkatkan kompetensi.

Dalam nilai Kolaboratif, guru penggerak mau dan mampu bekerja sama dengan pihak lain, berkomunikasi, memberikan umpan balik yang akan dijadikan dasar membantu murid untuk memahami nilai-nilai kebaikan dari diri mereka sendiri. 

Dalam nilai Inovatif seorang guru penggerak dapat menemukan ide-ide baru yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tertentu sehingga mampu memberikan pembelajaran yang berpihak pada murid, menyajikan pembelajaran yang sarat makna sesuai kodrat alam dan kodrat zaman.

Sedangkan Peran Guru Penggerak adalah sebagai pemimpoin pembelajaran yang mampu menggerakkan ekosistem belajar murid dan mampu mempengaruhi rekan-rekan guru untuk meningkatkan kompetensi, serta menggerakkan faktor pendukung seperti walimurid, tokoh masyarakat untuk turut serta memberikan andil dalam kemajuan pendidikan

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Beberapa hal yang akan saya lakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP di antaranya;

  1. Menyamakan pemahaman dengan CGP akan tujuan menjadi Guru Penggerak (GP).
  2. Menggali kemampuan CGP untuk memaksimalkan nilai dan peran yang sudah dimilikinya,
  3. Memberikan motivasi pada CGP untuk pantang menyerah dan tahan banting dengan berbagai kendala yang dihadapi saat menjalani pendidkan CGP.
  4. Mendengarkan ide dan gagasan CGP dengan sikap terbuka serta memberikan masukan dan contoh praktik baik yang mungkin bisa di ATM CGP jika memang sesaui dengan ide dan gagasannya.

Belum ada Komentar untuk "Refleksi Hari Ke Dua CPP Nilai dan Peran Guru Penggerak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel