Refleksi Hari Kedua Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Modul 1.1

Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.1?

pelajaran yang saya dapatkan selama melalukan aktifitas di modul 1.1 adalah bahwa Pemikiran dari KiHajardewantara dalam memenuhi kebutuhan anak sangat penting diterapkan di lingkungan sekolah.Pembelajaran yang berpihak pada anak akan membantu tumbuh kembang anak untuk mencapai kebahagia yang setinggi-tingginya dalam kehidupan bermasyarakat.

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP perlu dilakukan persamaan tentang pemahaman peran dan alasan menjadi guru penggerak, nilai yang harus dimiliki ketika sudah lulus menjadi guru penggerak. Selain itu juga diperlukan peningkatan lingkar pengaruh dengan memberikan contoh praktik baik pembelajaran.

Filosofi Pemikiran KHD



Alaternatif Jawaban Refleksi yang lainya:

 Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.1?

Pendidikan Indonesia ala KHD adalah pendidikan yang paling tepat untuk diterapkan yang diantaranya adalah menggunakan prinsip: menuntun anak, kodrat anak: merdeka dan bermain, pendidikan yang berpihak pada anak, anak bukan tabula rasa, pengembangan budi pakerti dan proses pendidikan diibaratkan seorang petani yang menanam biji di sawah, dimana agar menghasilkan tanaman yang berkualitas tanah harus diolah, cukup air dan  sinar matahari, sehingga bibit yang kurang baik jika diolah dengan baik akan menghasilkan buah yang baik, dan sebaliknya.

Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Hal yang akan saya lakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi atau pendampingan CGP yaitu pada tahapan alur MERDEKA saya membuat jurnal pemantauan CGP selama melakukan kegiatan di LMS sesuai dengan jumlah CGP yang didampingi. Saya berupaya untuk hadir sepenuhnya dalam kegiatan pendampingan individu terkait aksi nyata yang dilakukan oleh CGP serta pendampingan dalam kegiatan lokakarya.

Belum ada Komentar untuk " Refleksi Hari Kedua Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Modul 1.1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel