ATP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran Tahun 2023

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merujuk pada urutan langkah atau proses yang dirancang secara sistematis guna mencapai tujuan pembelajaran.Dalam Konteks pendidikan,Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP mengacu pada rencana pembelajaran yang disusun dengan tujuan tertentu untuk mencapai hasil belajaran yang diinginkan.Alur Tujuan Pembelajaran ini ini mencangkup serangkaian langkah,kegaitan dan evaluasi yang mendukung pencapaian  tujuan pembelajaran. 

Setelah menganalisis Capaian Pembelajaran, selanjutnya guru harus membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis, menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur tujuan pembelajaran (ATP) memiliki fungsi yang sama dengan Silabus pada kurikulum 2013, yaitu sebagai acuan perencanaan pembelajaran.

ATP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka


Selain itu, ATP sebagai panduan guru dan siswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase tersebut.  Terdapat beberapa aspek-aspek dalam operasional komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Secara operasional komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek antara lain: Kompetensi, konten, dan variasi.

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran

Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik

Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.

Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase dan jenjang.

Berikut adalah beberapa komponen utama yang biasanya terdapat dalam alur tujuan pembelajaran:

Identifikasi Tujuan Pembelajaran:

Menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik yang ingin dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu pembelajaran. Tujuan ini harus dapat diukur dan terkait dengan hasil yang diharapkan.

Perencanaan Kegiatan Pembelajaran:

Merancang kegiatan pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan. Ini dapat melibatkan pemilihan metode pengajaran, sumber belajar, dan strategi pembelajaran yang sesuai.

Pendahuluan atau Pengantar:

Memperkenalkan siswa terhadap tujuan pembelajaran dan memberikan konteks atau latar belakang yang relevan untuk materi pembelajaran.

Pengembangan Materi Pembelajaran:

Menyampaikan isi pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang sesuai. Ini bisa melibatkan pemaparan guru, diskusi, praktikum, atau penggunaan teknologi.

Penerapan Konsep atau Keterampilan:

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaplikasikan konsep atau keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi atau konteks yang berbeda.

Evaluasi dan Umpan Balik:

Menilai pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran melalui berbagai bentuk evaluasi, seperti tes, proyek, atau observasi. Selain itu, memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa untuk membantu perbaikan dan pemahaman mereka.

Refleksi dan Pengulangan:

Mendorong siswa untuk merefleksikan pembelajaran mereka dan mengidentifikasi area yang masih perlu ditingkatkan. Jika perlu, alur ini dapat melibatkan siklus pembelajaran yang iteratif, di mana materi diajarkan dan dievaluasi secara berkala.

Penutup:

Menyelesaikan pembelajaran dengan merangkum pokok-pokok materi, memberikan tugas rumah (jika diperlukan), dan memberikan petunjuk untuk pembelajaran selanjutnya.

Silahkan bapak/ibu guru bisa mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran(ATP) kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Saat bapak/ibu guru melakukan print out settingan ukuran kertas custome dengan ukuran 33.00 dan 21,5.Sehingga bapak/ibu guru tidak perlu melakukan setting kertas lagi karena sudah saya setting.

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran PAI dan PB Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Matematika Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran PJOK Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Teater Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Tari Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Musik Kurikulum Merdeka

ATP Kelas 1 SD Mata Pelajaran PPKn Kurikulum Merdeka

Demikian materi seputar pembuatan perangkat pembelajaran ATP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran Tahun 2023 yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru seklaian.

Belum ada Komentar untuk "ATP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran Tahun 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel