Catatan Kepala Sekolah Saat Observasi Guru di Aplikasi PMM

Catatan Kepala Sekolah Saat Observasi Guru di Aplikasi PMM

Dalam era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi yang signifikan dalam konteks pendidikan adalah penggunaan aplikasi untuk memfasilitasi berbagai proses administrasi dan manajemen di sekolah. Salah satu aplikasi yang digunakan secara luas dalam konteks ini adalah Aplikasi Penilaian dan Monitoring Guru (PMM).

PMM merupakan alat digital yang membantu kepala sekolah dan staf administrasi dalam memantau kinerja guru secara efisien. Salah satu fitur utama PMM adalah kemampuannya untuk mengatur dan merekam observasi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru di kelas. Observasi ini bertujuan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru, serta untuk memantau implementasi strategi pembelajaran yang telah direncanakan.

catatan kepala sekolah saat observasi kelas


Dalam melakukan observasi terhadap guru melalui Aplikasi PMM, kepala sekolah perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting. Berikut adalah beberapa catatan penilaian yang biasanya dicatat oleh kepala sekolah selama proses observasi:

  1. Kehadiran dan Keterlambatan: Kepala sekolah mencatat kehadiran dan keterlambatan guru, yang merupakan indikator penting dari kedisiplinan dan komitmen guru terhadap pekerjaannya.

  2. Persiapan Pembelajaran: Kepala sekolah menilai sejauh mana guru telah mempersiapkan materi pembelajaran dan sumber daya yang diperlukan untuk sesi pembelajaran tersebut. Hal ini mencakup keberhasilan guru dalam merencanakan dan menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

  3. Pengelolaan Kelas: Kepala sekolah menilai kemampuan guru dalam mengelola kelas, termasuk kemampuan mereka untuk menjaga disiplin siswa, mendistribusikan waktu pembelajaran dengan efisien, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

  4. Interaksi dan Keterlibatan Siswa: Kepala sekolah mengamati sejauh mana guru berhasil menggugah minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Ini mencakup kemampuan guru dalam memfasilitasi diskusi, menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik, dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.

  5. Penggunaan Teknologi dan Sumber Daya: Kepala sekolah menilai sejauh mana guru memanfaatkan teknologi dan sumber daya pembelajaran lainnya dalam proses pembelajaran. Ini mencakup penggunaan papan tulis interaktif, perangkat lunak pembelajaran, dan sumber daya daring lainnya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

  6. Evaluasi Pembelajaran: Kepala sekolah memperhatikan proses evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pemahaman dan pencapaian siswa. Ini mencakup kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan tes, tugas, dan aktivitas evaluasi lainnya sesuai dengan tujuan.

Berikut ini adalah beberapa contoh catatan kepala sekolah dalam kegiatan observasi kelas yang selama guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal dan materi yang sudah di unggah di PMM oleh bapak/ibu guru.

Dalam catatan observasi setiap guru satu dengan yang lain berbeda sesuai dengan indikator yang telah di pilih di PMM.Berikut ini contoh catatan kepala sekolah dengan keterangan nilai atas dilakukan dan efektif.



Pada kolom ada 3 yang harus di isi dan di pilih oleh kepala sekolah.Antara lain kolom pertama berkaitan dengan fokus perilaku,kolom ke dua nilaia atasan dan kolom ke 3 adalah catatan kepala sekolah yang ditujukan kepada guru tersebut.

Berikut ini kami bagikan catatan kepala sekolah sesuai dengan indikator yang dipilih oleh bapak/ibu guru di sekolah.
1. Indikator Keteraturan Suasana Kelas
2. Indikator Aktivitas Interaktif
3. Indikator Penerapan disiplin Positif
4. Indikator Umpan Balik Konstruktif
5. Indikator Instruksi Pembelajaran

Silahkan bapak/ibu pilih catatan kepala sekolah sesuai dengan indikator dan perilaku yang dipilih oleh bapak/ibu guru di sekolah.

Demikian materi seputar catatan kepala sekolah terkait dengan observasi kelas dalam PMM tahun 2024.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi bapak/ibu sekalian.

Belum ada Komentar untuk "Catatan Kepala Sekolah Saat Observasi Guru di Aplikasi PMM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel