Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAT UKK Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013

Kegiatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir.Sebelum memasuki Tahun pelajaran baru peserta didik harus melaksanakan PAT(Penilaian Akhir Tahun) untuk menentukan naik dan tidaknya peserta didik.

PAT(Penilaian Akhir Tahun) merupakan evaluasi yang dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk mengukur tingkat daya serap Kompetensi Dasar (KD) yang telah diberikan oleh guru kepada peserta didik.PAT atau dulu lebih dikenal dengan UKK(Ulangan Kenaikan Kelas) merupakan evaluasi akhir semester 2 yang dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.  Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.

Download Soal PAT Bahasa Indonesia SMP


Mengapa seorang guru perlu melakukan penilaian terhadap peserta didik?.Ada banyak tujuan dari penilaian atau evaluasi yang dilakukan oleh guru.Berikut ini beberap tujuan dari diadakanya penilaian atau evaluasi:

  • Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remedial dan program pengayaan.
  • Menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu, yaitu harian, tengah semester, satu semester, satu tahun, dan masa studi satuan pendidikan.
  • Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi bagi mereka yang diidentifikasi sebagai peserta didik yang lambat atau cepat dalam belajar dan pencapaian hasil belajar.
  • Memperbaiki proses pembelajaran pada pertemuan semester berikutnya.
Dengan mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran, dapat diambil tindakan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan siswa yang bersangkutan. Dengan perkataan lain, hasil penilaian tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tercapai tidaknya perubahan tingkah laku siswa, tetapi juga sebagai umpan balik bagi upaya memperbaiki proses pembelajaran. Dalam penilaian ini dilihat sejauh mana keefektifan proses pebelajaran dalam mengupayakan perubahan tingkah laku siswa.

Pada kesempatan ini,kami akan berbagi materi seputar Soal PAT atau UKK untuk jenjang SMP muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.Soal PAT Bahasa Indonesia ini kami sajikan dalam format ms.word agar memudahkan rekan guru untuk melakukan edit soal.

Soal PAT Bahasa Indonesia kelas 7 SMP ini terdiri dari 45 soal.40 soal berupa soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.Soal-soal ini kami susun dari beberapa sumber buku dan kumpulan beberapa soal yang kami sesuaikkan dengan Kompetensi Dasar yang ada pada RPP maupun silabus.

Berikut ini kami bagikan contoh soal PAT Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs lengkap dengan kunci jawaban dalam format ms.word.Silahkan rekan guru unduh melalui link yang sudah kami sedikan di bawah ini:

Demikian materi yang berkaitan dengan contoh soal PAT Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga contoh soal PAT tersebut bisa menjadi salah satu rujukan oleh rekan guru dalam pembuatan soal PAT tahun ini.

Julichan Saputro
Julichan Saputro Julichan Eswanto Saputro,S.Pd.SD Guru Aktif SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Posting Komentar untuk "Soal PAT UKK Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013"