DOWNLOAD APLIKASI CETAK AMPLOP SURAT EXCEL SEDERHANA

Surat adalah  sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim. Informasi yang diberikan di dalam surat berupa pengantar, pemberitahuan, tugas, permintaan, perjanjian, pesanan, perintah, laporan dan putusan. Selain itu, surat juga dapat berisi peringatan, teguran, dan penghargaan.

Surat yang dibuat bisa surat keputusan, surat pengantar, surat keterangan, surat pemberitahuan, surat undangan, dan yang lainnya.Namun untuk surat yang menggunakan amplop umumnya adalah surat pemberitahuan dan surat undangan. 

aplikasi cetak amplop surat resmi


Fungsi utama dari amplop surat adalah memang untuk membungkus surat. Ada banyak ukuran amplop yang tersedia di pasaran.Dengan menggunakan Amplop yang baik tentunya akan menambah citra baik instansi tersebut, dan menjadikan suasana yang positif untuk penerima surat membuka amplop, dan ingin segera mengetahui isi surat.

Aplikasi Amlop Surat

Dengan menggunakan software aplikasi Microsoft Excel kami membuat aplikasi amplop surat sederhana.

Rumus yang digunakan untuk aplikasi amplop surat ini adalah Vlookup. Jadi kita membuat tabel data surat yang dikirim.

aplikasi cetak amplop surat resmi


Setelah itu kita membuat "sheet form" untuk mencetak amplopnya. 

Dengan menggunakan rumus excel vlookup kita ambil data tabel tesebut. 

"Sheet Menu Utama" untuk data instansi juga dibuat, ini merupakan sumber data untuk kop surat. 

"Sheet Menut Utama" juga disiapkan agar tampilan aplikasi lebih bagus.

Di file excel aplikasi amlpop surat ini, disematkan juga beberapa fungsi macro yaitu print. Sehingga ekstensi file ini saya buat menjadi .xlb (Microsoft Office Excel Binary Worksheet) Dengan format ini juga supaya aplikasi bisa dibuka melalui Excel 2007, Excel 2010, Excek 2013 ataupun Excel 2019. Dalam penyusunannya aplikasi amplop ini menggunakan microsoft excel 2007.

1. Cara menggunakan aplikasi amplop surat berbasis excel

File yang kami upload dalam bentuk .rar maka harus diekstrak dahulu.

Aktifkan macro, jika ingin menggunakan tombol print pada aplikasi

Isi data instansi dengan lengkap

Isi data pengiriman surat 

Setelah data diisi kita masuk ke sheet amplop, disini ada beberapa pilihan model amlop. Gunakan anak panah untuk mengganti data surat atau bisa langsung di ketik. 

cetak amplop menggunakan excel

sheet amplop

2. Download Aplikasi Amplop Surat Excel

Untuk mendownloadnya Anda cukup mengklik tautan/link yang kami tampilkan dibawah ini, maka akan langsung terdownload. Link Download Aplikasi Amplop Surat.

Demikian aplikasi cetak amplop surat resmi dengan menggunakan ms.excel guna membantu rekan guru dalam pembuatan administrasi sekolah.Semoga bermanfaat dan memudahkan rekan guru dalam kegiatan surat menyurat di sekolah.

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD APLIKASI CETAK AMPLOP SURAT EXCEL SEDERHANA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel