Elaborasi Pemahaman Hari ke 6 Pembekalan CPP Pendidikan yang Memerdekakan

Setelah selesai menonton, pilih konteks penerapan yang akan Anda bahas, sekolah tempat Anda bekerja atau sekolah-sekolah di wilayah kerja. Lalu, buatlah kerangka penerapan Pendidikan yang Memerdekakan pada konteks yang sudah dipilih. Namun sebelum itu, untuk memudahkan Anda dalam membuat kerangka, Anda diminta untuk mempertimbangkan jawaban dari beberapa pertanyaan berikut.

Pemikiran apa yang harus ditanamkan?

bahwa anak sebagai makhluk yang secara kodrat diciptakan sempurna dengan akal, emosi,potensi dengan kesadaran dan kehendak yang dimiliki. Pendidikan yang memerdekakan yakni mengembalikan manusia (anak) sebagai makhluk yang sempurna, merdeka dari tekanan dan merdeka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Elaborasi Pemahaman Hari ke 6 Pembekalan CPP Pendidikan yang Memerdekakan


Praktik-praktik pembelajaran apa yang menurut Anda bisa diterapkan?

menghukum anak yang melakukan kesalahan,pemberian hadiah atas prestasi yang dirainya serta menilai anak dari pengetahuan saja

Potensi apa yang bisa mendukung penerapan prinsip Pendidikan yang Memerdekakan?

Potensi yang bisa mendukung penerapan prinsip Pendidikan yang Memerdekakan antara lain lingkungan belajar yang nyaman dan aman, warga sekolah yang memahami satu visi, pemahaman masyarakat umum dan orang tua tentang pendidikan yang memerdekakan, kemauan guru untuk memperbaiki pembelajarannya.

Tantangan apa saja yang dihadapi?

Tantangan yang dihadapi yaitu kewenangan yang dimiliki belum menyentuh seluruh aspek, masih di sekitar kelas, perkembangan teknologi yang sangat pesat, ketidak siapan masyarakat umum dan orang tua murid terkait pendidikan yang memerdekakan.

Langkah pertama apa yang harus dilakukan?

Langkah pertama yang harus dilakukan melakukan mengajak dialog berdiskusi dengan warga sekolah, orang tua, tokoh praktisi, dan masyarakat umum disekitar sekolah

Belum ada Komentar untuk "Elaborasi Pemahaman Hari ke 6 Pembekalan CPP Pendidikan yang Memerdekakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel